Pali.co.id | PALI – Pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Kesehatan mulai melakukan berbagai persiapan program vaksinasi Sinovac dalam penanggulangan pencegahan virus Covid – 19.

Dalam pantauan media pali.co.id Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI Mudakir mengatakan persiapan program vaksinasi Covid – 19 Sinovac untuk di kabupaten PALI masih menunggu informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

”Kalau untuk waktu vaksinnya kita belum tau pasti masih menunggu informasi dari dinas kesehatan Provinsi untuk pelaksanaan pengambilan vaksin. Kalau untuk kuota vaksin yang sudah  disertakan oleh dinas kesehatan Provinsi kita mendapatkan 1.328 dial vaksin,” jelasnya saat dikonfirmasi via telpon selularnya, Jumat (22/01/21).

Dia melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi Covid – 19 Sinovac di kabupaten PALI akan digelar dalam  tiga tahapan.

“Yang pertama itu akan diberikan tenaga kesehatan, terus tahap berikutnya itu pemberi pelayanan publik yaitu Polri, TNI, Kejari, Pol-PP, BPBD, Damkar, Dukcapil, PLN, PDAM dan seluruh guru sekolah. Baru berikutnya untuk tahap tiga baru seluruh masyarakat,” terang dia.

Ditambahkannya, bahwa dinas kesehatan kabupaten PALI sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana serta tenaga medis untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Kita sudah menyiapkan untuk tempat penyimpanan vaksin diseluruh fasilitas kesehatan rumah sakit dan puskesmas di kabupaten PALI. Untuk tenaga pelaksana vaksinator kita sudah melakukan pelatihan secara daring selama tiga hari,” tutupnya.

Pemerintah hampir dua pekan ini sudah menjalankan vaksinasi Covid – 19 Sinovac di berbagai daerah di Indonesia untuk membentuk kekebalan komunitas.

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat sudah menetapkan vaksin Covid – 19 produksi Sinovac  halal dan suci pada Jumat 8 Januari 2021 kemarin. (ej@)