Pali.co.id | Bogor – Para advokat yang bernaung dalam wadah Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) cabang Kabupaten Bogor melakukan konsolidasi internal, membicarakan program kerja ke depan termasuk program “satu desa satu advokat”, usai acara buka puasa bersama pada Sabtu (17/4/2021).

Ketua DPC AAI Kabupaten Bogor, Sondang T Tampubolon SH, LLM, CLI mengungkapkan bahwa AAI adalah termasuk wadah organisasi advokat tertua, salah satu dari delapan organisasi  yang mendirikan Peradi.

Menurutnya, ada keinginan kuat para advokat yang tergabung di AAI se-Kabupaten Bogor untuk mempersiapkan diri  menuju Munas AAI di Bandung pada 25-27 Juni 2021 nanti.

“Kita tahu AAI adalah organisasi advokat tertua, kini di bawah kepemimpinan Ketum Muhamad Ismak. Kita berharap pandemi berlalu, kami kembali ke rumah masing-masing dan kami akan membesarkan rumah kami (AAI), dalam waktu dekat kami akan berprogram, bermitra dengan pemerintah dan tentunya juga bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bogor, juga pendidikan, juga pendidikan profesi advokat”, ujar Sondang di Saung Fatimah di Jl. R.E Abdullah bin Nuh di Kota Bogor, Jawa Barat.

Senada dengan Sondang, Sekretaris AAI Kabupaten Bogor, Jajang Purkon SH, MH mengungkapkan bahwa secara resmi konsolidasi internal pengurus organisasi rencananya akan dilaksanakan pada 30 April 2021 dengan agenda di antaranya rapat anggota cabang, pelantikan pengurus cabang dan MoU dengan instansi-instansi terkait.

“Hingga hari ini anggota AAI Kabupaten Bogor ada 70 advokat. Mimpi besar kami adalah (nanti ada) satu desa satu advokat, sehingga advokasi masyarakat atau bisa melayani bantuan hukum bagi masyarakat Insya Allah bisa dirasakan mereka yang ingin mencari keadilan”, kata Jajang Purkon yang kerap disapa kang JP ini.

Satu desa satu advokat adalah salah satu program menarik yang bila terlaksana dapat membantu masyarakat melek hukum.

Dalam acara konsolidasi tersebut tampak hadir para senior dan advokat muda se-Kabupaten Bogor. (Ril)