Pali.co.id | Palembang – Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan (ACT Sumsel) memberangkatkan Bantuan Logistik untuk Masyarakat yang terdampak Gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Ini merupakan bentuk kepedulian yang dihimpun dari masyarakat di Provinsi Sumsel melalui ACT, atas bencana gempa yang mengguncang Sulbar pada pertengahan Januari lalu.

Seremoni Pelepasan bantuan sebanyak 15 ton logistik dilaksanakan sore tadi (6/2) di kantor ACT Sumsel. Dihadiri oleh Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa serta tamu undangan lainnya seperti Ustadz Umar Said, Endang Wierono selaku CEO Income Realty, Kepala Dinas Kominfo Palembang, serta beberapa perwakilan dari DPRD Provinsi Sumsel.

Yokohama selaku Head Of Marketing ACT Sumsel menyampaikan bahwa, total kolaborasi yang dilakukan oleh masyarakat Sumatera Selatan dalam hal ini membuktikan kedermawanan dan kepedulian terhadap saudara terdampak bencana.

“Alhamdulillah, hari ini insyaAllah kita akan kirimkan bantuan logistik sebanyak 15 ton logistik yang dihimpun dari seluruh kepedulian masyarakat Sumsel tentunya, dan inilah bukti kedermawanan wong kito untuk saudara sebangsa,” kata dia

Menurut Yokohama, dilayarkannya Kapal Kemanusiaan ke daerah bencana di Sulawesi Barat sebagai bentuk bantuan awal dari masyarakat Sumsel untuk saudara terdampak bencana.

“Jadi memang bantuan ini adalah sebagai bentuk bantuan awal dari kita semua untuk saudara terdampak bencana, insyaAllah ACT juga akan mengikhtiarkan bantuan berkelanjutan yaitu ke tahap recovery bagi tempat tinggal dan ekonomi masyarakat terdampak gempa di Sulbar,” tambahnya

Ratu Dewa selaku Sekda Kota Palembang mengapresiasi langkah cepat ACT dalam membantu saudara terdampak bencana melalui Kapal Kemanusiaan.

“Saya mewakili pemerintah Kota Palembang tentunya dalam hal ini mengapresiasi kerja cepat teman-teman ACT yang selalu tanggap hadir dalam barisan terdepan di isu kebencanaan, oleh karena itu bangga rasanya bisa hadir disini diundang untuk turut melepaskan bantuan dari masyarakat Sumsel untuk saudara di Sulbar,” jelasnya

Selaras dengan itu Ratu juga menambahkan bahwa demi mendukung kesuksesan Kapal Kemanusiaan untuk Sulawesi Barat ia juga turut mengajak para ASN Kota Palembang untuk memberikan bantuan logistik berupa beras sebanyak 600kg melalui ACT Sumsel.

Pada tahun sebelumnya, ACT juga melayarkan kapal kemanusiaan untuk Palu Donggala, serta Lombok untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana gempa dan tsunami.

Ustadz Umar Said yang hadir di acara seremoni pelepasan bantuan pun turut menyampaikan doa dan dukungannya untuk Kapal Kemanusiaan ACT.

“Alhamdulillah, saya sangat senang bisa hadir disini membersamai teman-teman ACT , selama ini bantuan ACT memang tidak hanya untuk saudara yang jauh tapi juga di wilayah Sumatera Selatan khususnya, dan tentunya doa dan dukungan terbaik dari saya semoga Allah senantiasa menjaga keistiqomahan kita semua untuk bersama membantu saudara yang membutuhkan,” kata Ustadz Umar.

Seluruh bantuan logistik hari ini akan dikirimkan melalui Kapal Kemanusiaan menuju Pelabuhan di Bangka Belitung, selanjutnya dilayarkan langsung menuju lokasi gempa di Sulawesi Barat. (Ril)