Armada Bantuan Kabut Asap ACT Singgah ke Palembang Siap ke Riau

Aksi Cepat Tanggap (ACT) LINGKUNGAN PALI TERKINI PERISTIWA
SHARE

69 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

PALI TERKINI – Palembang, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengerahkah armada-armada kemanusiaan untuk meredam dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah terdampak. Semua armada telah diberangkatkan dari Humanity Distribution Center (HDC) Gunung Sindur, Jawa Barat, melalui jalur darat menuju Riau.

Sejumlah armada kemanusiaan tersebut singgah di Kantor Cabang ACT Sumsel sebelum melanjutkan perjalanan ke Riau. Armada tersebut antara lain Humanity Food Truck, Ambulance Pre-Hospital, Humanity Water Tank dan 10 truk logistik yang memuat 100 ton bantuan logistik di tahap pertama.

Kabut asap tak hanya menyebabkan kualitas udara menurun, namun juga telah menimbulkan efek terganggunya kesehatan serta melemahkan ekonomi masyarakat.

Seratus ton bantuan logistik yang diberangkatkan melalui jalur darat ini di antaranya terdiri dari 20 ton beras, gula, air mineral, termasuk juga kebutuhan sanitasi dan obat-obatan, 100 relawan terlatih juga telah diberangkatkan menuju Riau untuk membantu pemadaman api, pendistribusian bantuan maupun layanan kesehatan.

Hening, selaku Humas ACT Sumsel menuturkan bahwa langkah ACT dalam menangani kabut asap ini sangat serius, “Kita tahu bahwa kabut asap ini sudah sangat mengganggu, khususnya bagi masyarakat yang memang daerahnya terpapar langsung oleh kabut asap, dan ACT dalam hal ini telah berupaya sebaik mungkin untuk meredam efek kabut asap ini, baik dengan membantu pemadaman api, membuka layanan kesehatan, membagikan masker, serta edukasi menjaga kesehatan di wilayah terdampak asap. Singgahnya armada-armada ini insyaAllah semoga dapat meringankan masyarakat yang terdampak di Riau. Sedangkan di Sumsel sendiri alhamdulillah ribuan masker telah dibagikan, aksi layanan kesehatan juga telah dilakukan, Insya Allah dalam waktu dekat kita juga akan membuka posko layanan kesehatan langsung di lokasi titik api yang berada di Ogan Ilir”, pungkasnya. ( JrY )

Facebook Comments

SHARE