Pali.co.id | Palembang  –  Dalam rangka menunjang dan  mengasah  kemampuan Prajurit TNI AD, Koramil 402-09/Mesuji Kodim 0402/OKI menggelar Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) Teritorial tingkat Koramil bertempat di Markas Koramil 402-09/Mesuji Desa Pematang Panggang Kec. Mesuji Kab. OKI yang diikuti oleh seluruh personel Babinsa, Rabu  (10/02/21)

Latihan perorangan dasar merupakan  latihan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan militer dasar agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan fungsi serta perannya, oleh karena itu latihan harus dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai materi militer umum teritorial yang disesuaikan dengan standarisasi kemampuan prajurit yang sudah diatur oleh satuan atas.

Komandan Koramil 402-09/Mesuji  Lettu  Inf  Muslikin selaku  Komandan  Latihan mengatakan, kegiatan latihan ini adalah untuk menunjang kemampuan para anggota, diharapkan nantinya materi latihan yang diberikan dari teori hingga praktek oleh pemateri, dalam pengetahuan dan keterampilan dasar Satkowil ini bisa diterima dengan baik oleh para anggota.

“Kegiatan Latorsar teritorial ini ada tujuh materi yang disampaikan, meliputi materi lima kemamtuan teritorial, sikap teritorial, spesialisasi teritorial, ketatalaksanaan binter, Bintahwil, Binwanra, komunikasi sosial dan Bhakti TNI serta materi Sisrendal Binter”. terang Danramil.

Lanjut Danramil Mesuji, Latorsar yang kita laksanakan ini tidak hanya sekedar menjalankan atau mengisi program kerja saja, akan tetapi tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan pada setiap prajurit di satuan Teritorial, sehingga untuk menjawab tantangan tugas tersebut, dibudayakan kegiatan belajar dan berlatih, seperti kegiatan Latorsar Teritorial seperti yang digelar ini.

“Kita juga tekankan untuk setiap kegiatan apapun yang kita laksanakan harus dengan semangat dan penuh dedikasi, serta kegiatan Latorsar seperti ini harus dijadikan sebagai suatu kebutuhan yang harus dilaksanakan bagi setiap prajurit, apalagi para Babinsa bertugas langsung berhubungan dengan masyarakat di wilayah binaannya. Meskipun kegiatan seperti ini sudah sering kita laksanakan, keberhasilan latihan bukan diukur dari telah selesainya kegiatan tersebut. Akan tetapi yang lebih utama adalah sejauh mana kesiapan satuan dalam menghadapi tugas yang akan datang,” tegas Danramil. (Ril)