Beranda NASIONAL Begini Cara Mengganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Kartu ATM Chip

Begini Cara Mengganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Kartu ATM Chip

Pali.co.id – JAKARTA, Anda masih menggunakan Kartu ATM Debit teknologi pita Magnetik (Kartu ATM lama) ada baiknya segera gantilah ke Kartu ATM Debit dengan teknologi chip    (Kartu ATM Baru) Kartu ATM dengan Chip dianggap lebih aman untuk nasabah bertransaksi.

Cara Mengganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Kartu ATM Chip sebagai berikut :

  1. Bagi kamu pemilik kartu ATM Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI dan lainnya yang ingin ganti kartu ATM lama ke kartu ATM baru, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah datang ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa buku rekening tabungan, kartu ATM atau debit lama, serta identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Untuk beberapa bank biasanya pihak customer service akan menawarkan 2 pilihan jenis kartu, apakah ingin kartu ATM atau debit yang hanya bisa digunakan di dalam negeri (kartu GPN) atau yang bisa dipakai di luar negeri. Bedanya kartu ATM dengan chip yang dapat digunakan untuk transaksi saat di luar negeri, ada logo Mastercard di kanan bawah kartu.
  3. Anda akan diminta untuk mengisi lembar formulir penggantian kartu, lalu masukkan 6 (enam) PIN digit angka.
  4. Seluruh proses penggantian kartu ini tidak dipungut biaya alias gratis (untuk lebih jelasnya peratuan masing-masing bank, bisa kamu tanyakan ke pihak bank terkait ya).
  5. Perlu diketahui, kartu debit chip memiliki masa berlaku 5 tahun.

Tidak ada perbedaannya di saat ingin bertransaksi melalui mesin ATM, namun di saat bertransaksi melalui mesin EDC, ada sedikit perbedaannya. Jika menggunakan Kartu ATM lama biasanya kartu digesek, untuk kartu ATM debit yang baru dengan teknologi chip akan dimasukkan ke dalam mesin Electronic Data Capture (EDC). (Nadia)

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Scroll Up