Pali.co.id | Banyuasin -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin beserta jajaran OPD terkait melakukan kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) dalam rangka pencanangan padat karya penanaman pohon mangrove di Pelabuhan Tanjung Api Api Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, Rabu (11/11/2020).

Bupati Banyuasin H Askolani SH. MH Menyampaikan hutan mangrove menjadi salah satu sumber penghidupan bagi masyarakat pesisir yang dalam masa pandemi ini merasakan dampak penurunan ekonomi yang paling signifikan.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan padat karya penanaman mangrove ini diharapkan dapat menjadi stimulus perekonomian bagi masyarakat disekitar ekosistem mangrove dan sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional,”ujarnya.

Kegiatan padat karya ini diharapkan Askolani dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 67 hari orang kerja per hektar (HOK/HA) sehingga jumlah HOK yang terserap untuk penanaman mangrove seluas 15.000 Hektar sebanyak lebih dari 1 juta HOK.

“Ini menjadi bagian upaya pengendalian perlindungan dampak perubahan iklim secara fisik, pemanfaatan ekonomi secara berkelanjutan, keberpihakan kepada masyarakat dengan perhutanan sosial dan dan masyarakat sebagai driver pembangunan, penguatan kapasitas kelembagaan di tingkat tampak dan grand road/kelompok, dan pengamanan ekosistem melalui rehabilitas/penanaman.”ungkapnya.
(Denny)