Pali.co.id | Ogan Ilir – Bupati Ogan Ilir  (OI) Panca Wijaya Akbar  sentil Kepala OPD OI dan pengurus KONI yang memiliki perut buncit agar berolahraga, Rabu (9/6) kemarin.

Hal tersebut dikatakan suami Mikhailia Alamsjah tersebut dalam acara “Silatirahmi dan Olahraga Bersama Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI), Pengurus Persatuan Basket Indonesia(PERBASI) dan Pengurus Tenis Lapangan(PELTI) Ogan Ilir”

“Untuk kepala OPD ini carilah aktifitas-aktifitas yang memang di hobi atau di tekuni. Malu-lah bupatinya muda, slim, kok kepala OPD dan pengurus KONI ya terutama Ketuanya Pak Aswan malah perutnya gendut, banyak tubuhnya kurang atletis, harapan saya walaupun tidak atletis jangan sampai perutnya buncit. Artinyakan harus banyak berolahraga agar perutnya tidak buncit,” katanya.

Ia juga menjelaskan alasanya memerintahkan para kepala OPD tersebut untuk berolahraga agar merasa fit dan semangat saat bekerja.

“Ya tentunya harus berolahraga, dan untuk kepala OPD harus mengajak kita bersama-sama untuk mengolahragakan masyarakat. Dan dimulai dari kepala OPDnya terlebih dahulu,” jelasnya

Namun saat ditanya wartawan apakah ada rencana untuk menjadikan kepala OPD sebagai kepala cabang olahraga (CABOR) dirinya menyatakan tidak ada rencana demikian karna yang akan ditunjuk sebagai ketua CABOR adalah orang yang hobi dan  bersedia secara sukarela agar olahraga tersebut dari segi fasilitas dan kegiatanya dapat dibantu oleh kepala Cabor tersebut.

Bahkan bupati juga berpesan agar mencari pelatih-pelatih yang lebih berkompeten agar kedepanya atlet-atlit Ogan Ilir dapat mengharumkan nama daerahnya.

“Untuk Porprov sendiri,  yang pasti harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Bahkan untuk PON  Papua Insya Allah kita berkontribusi mengirimkan 5 orang atlet basket, mudah-mudahan bisa mencetak prestasi yang baik. Kedepan kita berharap banyak  pelatih kita khususnya dayung dan renang dan Cabor lainnya yang berpotensi agar diberdayakan. Bisa juga digaji dari KONI. Jangan sampai pelatih yang bagus-bagus malah dibeli oleh daerah lain,” jelasnya.

Ia juga berencana akan melanjutkan pembangunan Gedung Olahraga (GOR) yang sudah dilakukan pemasangan tiang pondasi namun saat ini terhenti.

“Saya akan cek DED dahulu, selanjutnya saya akan lanjutkan pembangunan fasilitas gedung olahraga tersebut, tidak perlu mewah namun yang penting multiguna dan layak digunakan oleh atlet berlatih. Mungkin tahun deoanlah dengan anggaran Rp15-20miliar. Tidak usah terlalu mewah namun lebih mengutamakan fungsinya,” jelasnya

Ia juga menghimbau kepada Ketua KONI Ogan Ilir Aswan Mufti agar dalam pengelolaan dana hibah masing-masing cabor supaya digunakan juga untuk mendatang pelatih-pelatih yang berkualitas agar dapat menghasilkan atlet yang berprestasi dan dapat mengharumkan nama Ogan Ilir.

Ketua KONI Ogan Ilir Aswan Mufti mengapresiasi dan berterima kasih dengan penyerahan dua fasilitas olahraga masing-masing lapangan basket dan lapangan tenis yang ada di dalam komplek rumah dinas Bupati Ogan Ilir pengurus cabang olahraga. (AL)