Pali.co.id | OKI – Desa Pancawarna kecamatan Pedamaran Timur kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa tahun 2021 di Kantor Desa Pancawarna, Selasa (06/01/21). Pada musyawarah tersebut sekaligus menetapkan RPKDes 2021 dan penetapan RU RPKDes 2022.

Dalam sambutannya Kepala Desa Pancawarna Sugiono mengatakan pemerintah desa menyusun RKPDes sebagai penjabaran RPJM Desa. RKPDes disusun oleh pemerintah desa sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah kabupaten/kota berkaitan dengan pagu indikatif desa dan rencana kegiatan pemerintah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

“RKPDes mulai disusun oleh pemerintah desa pada bulan Januari tahun ini. RKPDes ditetapkan dengan peraturan desa paling lambat akhir bulan Maret tahun berjalan,” jelasnya.

Dia menambahkan, susuai surat edaran Bupati Ogan Komering Ilir No 640/521 Bappeda tahun 2020, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

“Tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dimulai dengan penyusunan perencanaan, pembentukan Tim penyusun RKPDes, Pencermatan Pagu Indikatif Desa dan Penyelarasan Program/Kegiatan Masuk ke Desa, Pencermatan Ulang RPJM Desa, Penyusunan Rancangan RKPDes, dan Penyusunan RKPDes melalui musyawarah desa,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Pedamaran Timur Ibrahim Hamidi,.S.Sos.,M.Si, mengatakan meminta kepada kepala desa untuk menyelesaikan RKPDes sebelum penetapan APBDes.

“RKPDes menjadi dasar penetapan APBDes dan Kepala Desa harus menyusun RKPDes dengan mengikut sertakan masyarakat desa,” tegasnya.

Kegiatan Musrenbang ini di hadiri oleh seluruh unsur pemerintahan desa mulai dari Kepala Desa Sp. 3 Panca Warna Sugiono beserta perangkat, BPD Desa Panca Warna, Ketua RT, RW, Kepala Dusun, Tenaga Pendidikan, Tenaga Kesehatan, Pendamping Desa serta perwakilan masyarakat desa juga beberapa orang yang bertugas dalam penyusunan RKPDes. (Arief)