Di Temukan Mumi Berlidah Emas Dari Mesir

0
32 views
Arkeolog di Mesir menemukan mumi dengan jimat foil emas di dalam mulutnya. (Facebook Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir).

Pali.co.id – PEDIA, Tim peneliti gabungan Mesir dan Dominika saat bekerja di Kuil Taposiris Magna melakukan penggalian di dekat Alexandria menemukan mumi berusia 2.000 tahun dengan lidah emas. “Makam itu berisi beberapa mumi yang tidak diawetkan dengan baik, tetapi memiliki jimat berdaun emas berbentuk lidah,” tulis pernyataan resmi Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, sebagimana dikutip laman DW.

Mumi berlidah emas itu berada di antara 16 kuburan batu yang ditemukan. Lima belas makam lainnya juga berusia sekitar 2.000 tahun. Lidah yang ditemukan di Taposiris Magna dimaksudkan untuk membantu almarhum berkomunikasi dengan Osiris dalam perjalanan menuju alam baka. Osiris adalah dewa kematian dan dunia bawah dalam kepercayaan Mesir Kuno.

Mumi berlidah emas juga pernah didapatkan pada temuan mumi di Mesir sebelumnya. Beberapa lidah emas yang dimaksud kini menjadi koleksi Penn Museum di Philadelphia. 

Menurut Lorelei H. Corcoran, direktur Institut Seni dan Arkeologi Mesir di Universitas Memphis, pemakaman Mesir Kuno biasanya merujuk pada Mantra 158 dari Kitab Orang Mati. Kitab ini memastikan bahwa orang yang meninggal memiliki kemampuan bernapas dan berbicara, serta makan dan minum di akhirat.

“Ini mungkin digabungkan dengan praktik penguburan Yunani yang menempatkan koin di mulut almarhum sebagai pembayaran untuk tukang perahu alam baka, Charon, yang mengangkut almarhum menyeberangi Sungai Styx ke Dunia Bawah,” kata Corcoran, dikutip New York Times. (Nadya)