Pali.co.id | PALI – Dinas Kesehatan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar pelaksanaan Simulasi Vaksinasi Covid – 19 Sinovac di Puskesmas Talang Ubi kelurahan Talang Ubi Utara kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI, Kamis (28/01/21).

Plt Kepala Dinas Kesehatan PALI Mudakir mengatakan simulasi itu dilakukan untuk memastikan kesiapan yang dimulai dari alur proses vaksinasi, kesiapan tenaga medis, observasi dan penerapan protokol kesehatan di puskesmas.

“Simulasi pelaksanaan vaksinasi merupakan bagian dari tahapan pemberian vaksinasi kepada tenaga kesehatan, pemberi pelayanan publik dan masyarakat yg bertujuan agar petugas kesehatan yang memberikan pelayanan vaksinasi memahami tugas disetiap jenjang pelayanan dari mulai pendaftaran  dibagian meja pertama, skrining kesehatan di meja kedua, pemberian vaksinasi di meja ketiga dan meja keempat utk pencatatan pelaporan dan pasien diobservasi selama 30 menit,” tulisnya melalui pesan Whatsapp, Kamis (28/01/21).

Selain itu, Mudakir menambahkan simulasi vaksinasi bertujuan untuk memastikan vaksinator di setiap vasilitas kesehatan dapat memahami fungsi dan tugasnya.

“Dengan simulasi ini diharap akan mudah diketahui jika ada yang tidak sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan dalam pelaksanaan vaksinasi covid – 19,” tutup Mudakir. (ej@)