Pali.co.id | PALI – Saat ini dunia di kejutkan dengan mewabahnya suatu penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang dinamakan Corona atau  dikenal dengan istilah covid-19 ( Corona virus Diseases 19)

Sosial distancing menjadi pilihan berat bagi setiap negara dalam menerapkan kebijakan untuk pencegahan penyebaran covid-19, Kebijakan ini berdampak negatif terhadap segala aspek kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan yang kurang lebih lima bulan ini menerapkan sistem belajar dirumah.

Atas dasar rasa prihatin dengan keadaan dunia pendidikan di masa pandemi Corona terutama di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), PT.Radio Swara Pali yang menaungi PALI Radio 93,8 FM mengadakan rapat dengan sejumlah anggota yang tergabung dalam MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah)  SMA/SMK se-Kabupaten PALI di ruang kelas SMA Negeri 1 Talang Ubi,Kamis (06/08/20).

Efran yang merupakan Direktur PT.Radio Swara Pali mengatakan dunia pendidikan sangatlah penting karena sebagai tolak ukur kemajuan suatu negara berasal dari kualitas pendidikan.

“Kami dari manejemen Pali Radio 93,8 FM berinisiatif mengajukan kerjasama siaran kepada sekolah SMA dan SMK di seluruh kabupaten Pali untuk proses belajar dan mengajar di Pali Radio. Sebelumnya kami sudah audensi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan yang membawahi sekolah SMA dan SMK. ,”ungkap pria yang juga ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) kabupaten PALI.

Ditambahkan Efran program ini merupakan sebuah terobosan dari Pali Radio, dimana setidaknya mampu menutupi celah bagi para siswa yang tidak memiliki smartphone dan kesulitan dalam membeli paket data.

“Radio bisa menjangkau kepada anak-anak sekolah atau orang tua yang tidak menggunakan smartphone dan menyasar seluruh seluruh wilayah kabupaten PALI. Karena masih banyak beberapa wilayah di kabupaten Pali keterbatasan jaringan Internet, maka dari itu Pali Radio akan menutupi celah itu,”tambah pria yang akrab disapa mang Eja tersebut.

Sementara itu Ketua MKKS SMA Kabupaten PALI, Zainul Abidin,Spd mengatakan jika pihaknya menyambut baik dengan tawaran yang diajukan PT. Radio Swara Pali dalam rangka belajar dan mengajar melalui radio.

“Dampak yang kami rasakan di masa pandemi ini khusus di Kabupaten PALI yang pertama siswa dengan guru tidak bisa tatap muka sementara pendidikan yang baik itu harus tatap muka. Kami juga menyambut baik dengan tawaran yang diajukan PT.Radio Swara Pali dalam rangka belajar dan mengajar melalui radio,namun demikian kami akan bermusyawarah terlebih dahulu dengan seluruh anggota MKKS SMA dan SMK seKabupaten PALI yang terdiri dari 39 anggota,”tutup Zainul Abidin yang didampingi Alamsri yang mewakili Ketua MKKS SMK.(MC)