Dr. Zamir : Puskesmas Talang Ubi Siap Launching Vaksinasi Covid – 19 Sinovac

196 views

Pali.co.id | PALI – Puskesmas Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan menjadi tempat Launching pelaksanaan Vaksinasi Covid – 19 Sinovac pada Selasa (02/02/21).

“Puskesmas menjadi salah satu tempat untuk pelaksaan Vaksinasi, jadi oleh pemerintah pusat sendiri seluruh Puskesmas atau tempat sarana-sarana pelaksana Vaksinasi ini dianjurkan untuk membuat simulasi pelaksanaan vaksin. Secara keseluruhan Puskesmas Talang Ubi sudah siap, tinggal tunggu hari H nya saja hari selasa besok untuk perdana para pejabat,” ujar dr. Zamir selaku Kepala Puskesmas Talang Ubi saat dibincangi via telpon selularnya, Kamis (28/01/21).

Dijelaskan dia, sebagai edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 Sinovac ini bukan untuk membentuk kekebalan seratus persen kepada orang yang sudah divaksin.

“Yang perlu dicermati oleh kita semua, selama ini menganggap seolah-olah kalau sudah dapat vaksin kita akan kebal dari virus Covid-19, itu yang perlu dicamkan. Vaksin ini bisa mencegah virus Covid – 19 tetapi tidak seratus persen, artinya protokol kesehatan tetap dijalani dengan upaya 5 M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilisasi, jadi vaksinasi adalah pelengkap upaya 5 M tadi,” jelas dr. Zamir.

Dia menambahkan, bahwa tujuan dari vaksinasi Covid – 19 Sinovac memperkecil resiko kepada orang yang terinfeksi Covid – 19.

“Andainya pun juga kita sudah divaksin dan kita kena Covid maka biasanya kena bukan kasus yang berat, jadi yang ringan-ringan saja seperti kena flu jadi tidak perlu kita harus diopname isolasi mandiri. Jadi artinya yang perlu dicamkan masyarakat bahwa vaksin memang tidak menjamin kita kena covid, tetapi seandainyapun kita kena, kita akan kena yang ringan-ringan saja, tujuanya disitu untuk memperkecil resiko ketahap yang berat,” tutupnya. (ej@)