BerandaPALEMBANGDuta Literasi Sumsel Resmikan Kampung Literasi Karya Mulia

Duta Literasi Sumsel Resmikan Kampung Literasi Karya Mulia

Pali.co.id | Palembang – Untuk tumbuh kembangkan daripada minat baca masyarakat kota Palembang khususnya, dan provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada umumnya, maka dari itu Duta Literasi Provinsi Sumsel yang hari ini meresmikan Kampung Literasi Karya Mulia atau yang diberi nama Taman Baca Masyarakat (TBM) Karya Mulya yang dilakukan dengan potong pita oleh Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva didampingi oleh Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana, Rabu (10/11/2021).

Dikatakan Ratu Tenny Leriva, jadi hari ini kami sebagai Duta Literasi provinsi Sumsel, kami meresmikan Kampung Literasi Karya Mulya, termasuk juga ada TBM Karya Mulya yang merupakan gagasan dari masyarakat sekitar yaitu untuk meningkatkan literasi di provinsi Sumsel tentunya dikota Palembang.

“Dan disini di Kampung Literasi tidak hanya ada pojok baca saja, tetapi ada juga teras baca, pembinaan umkm, pelatihan keterampilan, dan ada juga peresmian Kelompok Wanita Tani dari PKK.” ujarnya

Kemudian, nantinya dengan diresmikan pada hari ini, insya allah tahun depan juga akan hadir disini, kita akan hadir disini untuk memperlihatkan produknya.

“Jadi dari adanya Kampung Literasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan minat baca dan literasi saja, tapi menghasilkan produk, meningkatkan dalam literasi dan juga tentunya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.” katanya

Masih menurutnya, tentunya tujuannya yaitu untuk meningkatkan literasi dikota Palembang, provinsi Sumsel secara keseluruhan.

“Tentunya meningkatkan juga keterampilan, sehingga dengan adanya saling berbagi keterampilan masing-masing, misalnya dengan pembinaan umkm, ada bercocok tanam juga, yaitu hasilnya nanti akan ada produk yang nantinya bisa dijualkan dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar,” ungkapnya.

Lanjutnya, bentuk support dari Duta Literasi Sumsel, saya bersama dengan Dinas Perpustakaan provinsi Sumsel, kami akan membantu dalam pojok baca digital, dan tentunya juga membantu dalam promosi dari kampung literasi ini sehingga akan muncul lebih banyak lagi kampung literasi dikota Palembang, dan provinsi Sumsel.

“Ini bisa dikatakan salah satu percontohan, sehingga akan muncul dikabupaten/kota di Sumsel, bukan hanya ada pojok baca digital, dan tentu itu harapannya akan tersebar luas harus ada pojok baca digital,” ujarnya

Begitu juga ditambahkan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana, kita hari ini mendampingi Duta Literasi provinsi Sumsel, mendapatkan undangan untuk menghadiri launching Kampung Literasi Karya Mulya Palembang.

“Jadi ini salah satu kegiatan yang harus disupport oleh Dinas Perpustakaan, dan tadi Duta Literasi provinsi Sumsel sudah langsung hadir disini, ini adalah merupakan bentuk perhatian dan bentuk support kita. Untuk dananya sendiri, kalau ini mereka tadinya dibantu melalui Direktorat PMBK, dan nanti akan ditagih hasilnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dibantu tapi harus melakukan kegiatan dan pengembangan, harus ada hasil dan harus produknya dalam satu tahun, jadi kalau tidak ada hasil maka akan dilakukan evaluasi, kalau tidak maka tidak akan dibantu lagi.

“Kita di provinsi melihat ini sangat bagus sekali dan tadi melalui Duta Literasi sudah menjanjikan akan membantu pojok baca untuk masyarakat disini. Silahkan kepada TBM, Rukun Tetangga yang mana layak dibantu, karena kita akan lihat geliat masyarakatnya, jangan sampai apa yang dibantu tidak dimanfaatkan,” Tutupnya

Laporan: Andre
Editor: AN

Jangan Lewatkan