Beranda BREAKING NEWS Ganti Segera Kartu ATM Anda Sebelum Terblokir

Ganti Segera Kartu ATM Anda Sebelum Terblokir

Pali.co.id – JAKARTA, Sesuai aturan Bank Indonesia (BI), seluruh kartu ATM Debit wajib menggunakan chip pada akhir tahun 2021. Untuk mengejar deadline itu, sejumlah bank akan melakukan pemblokiran kartu yang masih memakai strip magnetik sebelum akhir tahun ini.

Penggantian kartu debit berbasis strip magnetik menjadi chip sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan / atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia,  hal ini dilakukan demi keamanan Nasabah dalam bertransaksi.

Kartu berbasis chip relatif di klaim lebih aman dibandingkan menggunakan kartu berbasis magnetic stripe untuk transaksi karena mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming.

Skimming sendiri merupakan tindakan kejahatan yang merugikan nasabah. Meski sudah cukup lama terjadi, korban dari aksi kejahatan tersebut hingga kini masih banyak korban yang di rugikan. Pihak jasa keuangan dan juga bank telah melakukan berbagai peningkatan pada fitur keamanan transaksi nasabah agar tidak bisa di bajak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penggunaan Teknologi Magnetic Stripe masih diperbolehkan, terbatas pada Kartu ATM/Debet yang diterbitkan atas dasar rekening simpanan tertentu mulai 1 Januari 2022. Karena itu, rata-rata pihak bank mengajak nasabahnya untuk segera melakukan penggantian kartu ATM nya.

Bahkan sejumlah Bank ada yang menetapkan jadwal untuk pemblokiran Kartu ATM lama sebelum akhir tahun 2021 ini. Karena itu, bagi pemilik Kartu ATM berbasis Magnetic Stripe, segera menggantinya menjadi Kartu ATM Chip. (Ry4n)

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Scroll Up