Instruksi Bupati, Kabupaten PALI Akan Lakukan Transaksi Non Tunai Pada Tahun 2020

Instruksi Bupati, Kabupaten PALI Akan Lakukan Transaksi Non Tunai Pada Tahun 2020

 4,841 total views,  2 views today

PALI TERKINI – PALEMBANG, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengadakan Kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Tentang Transaksi Non Tunai dilingkup Pemerintah Kabupaten PALI berdasarkan dengan Instruksi Bupati No 199 /KPTS / BPKAD /2019, tanggal 13 Maret 2019, Tentang Pelaksanaan Transaksi Non Tunai.

Narasumber dan Peserta Sosialisasi Transaksi Non Tunai BPKAD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir – Foto. e’ef

Acara kegiatan diadakan di Hotel Harper Palembang tanggal 13 – 15 November 2019. BPKAD PALI selaku panitia menghadirkan  narasumber Ira Hayatunnisma, SE,MM selaku Kepala Sub Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah II Kementrian Dalam Negeri, Bambang Wahyu Nugroho, ST,MM Selaku Kadiv Teknologi Informasi Bank SUMSELBABEL Kanwil Palembang, Hadean Aria Wahyudi Selaku Group Head Bisnis Internasional dan Treasury Kanwil BRI Palembang, Setiawan, AK,MM selaku Kabid Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), dan  Sebagai Peserta kegiatan seluruh Kepala Dinas, Kepala Badan,  Camat, Direktur RSUD dan Bendahara Keuangan OPD kabupaten PALI. Tampak juga hadir dalam acara sosialisasi ini Direktur Pemasaran Bank SUMSELBABEL Antonius Agro.

Acara dimulai pada rabu malam (13/11/19) dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan kata sambutan Plt. Kepala Badan BPKAD Kabupaten PALI yang diwakili oleh Aidil Zikri selaku Kabid Perbendaharaan BPKAD kabupaten PALI. Dia menyampaikan bahwa kabupaten OKU satu – satunya di Provinsi Sumatera Selatan yang sudah mejalankan transaksi non tunai nol persen.

Selanjutnya dia menyampaikan bahwa konfirmasi dari Kemendagri meminta kepada Bank BRI sebagai narasumber untuk pemaparan, karena ada salah satu daerah di Indonesia yang sudah melakukan full dalam transaksi non tunai, baik pendapatan maupun belanja,” terang Aidhil.

Acara dibuka oleh Bupati PALI yang diwakili oleh Asisten III Kabupaten PALI Ruswani, SH. Dalam kata sambutannya Ruswani mengatakan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Bendahara Keuangan dan stakeholder lainnya dilingkup kabupaten PALI, melalui sosialisasi ini diharapkan akan bertambahnya pengetahuan sekaligus menyamakan persepsi kita bersama dalam pengelolaan keuangan daerah sehingga seluruh pejabat dalam penataan usahaan keuangan di pemerintah kabupaten PALI dapat lebih memahami mekanisme dokumen keuangan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ruswani juga menambahkan, menghimbau agar seluruh peserta sosialisasi agar bersunggguh – sungguh, menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber, mengambil bagian dalam disikusi sosialisasi ini,” tegas ruswani.

Acara dilanjutkan pada keesokan hari dengan penyampaian materi oleh para narasumber sampai dengan selesai. Pada kesempatan itu pula, disampaikan beberapa manfaat yang diperoleh dari transaksi non tunai, antara lain : 1) menghemat pengeluaran negara, mencegah peredaran uang palsu, penggelapan, transaksi ilegal (korupsi), menekan laju inflasi, lebih muda, cepat dan aman; 2) mewujudkan tertib administrasi pengelolaan kas; 3) penerapan terhadap uang persediaan yang ketat serta mudah diidentifikasi; 4) mendukung implementasi akrual basis; dan 5) kedisiplinan pengelolaan keuangan dalam melakukan pencatatan.

Acara sosialisasi berjalan dengan lancar, karena selesai lebih cepat dari yang dijadwalkan, dan langsung penutupan acara pada sore harinya. (efran)

Facebook Comments
PALI TERKINI