PALI TERKINI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) DAPIL Sumatera Selatan (SUMSEL) II Fraksi Partai Nasdem  Ir.Hj. Sri Kustina melakukan Kegiatan Reses Perorangan Masa Persidangan I Tahun 2019 – 2020.

Kegiatan Reses tersebut dilaksanakan di Kecamatan Talang Ubi (28/12/19). Anggota DPR RI DAPIL Sumatera Selatan II Fraksi Partai Nasdem tersebut melakukan kunjungan pertamanya di Puskesmas Talang Ubi dalam rangka Silaturahmi dan Penyerapan Aspirasi.

Dalam kunjungannya Sri Kustina yang akrab disapah Bu Sri didampingi oleh Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir.H. Heri Amalindo, Sekretaris Daerah Kabupaten PALI Syahron Nazil, SH, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI Mudakir, SKM, M.Kes, Plt. Kaban. BAPPEDA Kabupaten PALI Ahmad Jhoni, SP, Camat Talang Ubi Hardin dan Pengurus Partai Nasdem Kabupaten PALI.

Penyampaian Serapan Aspirasi Puskesmas Talang Ubi Bersama Ir.Hj. Sri Kustina di Ruang Rapat Puskesmas Talang Ubi

Sri Kustina yang merupakan istri dari Bupati PALI beserta rombongan diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Talang Ubi dr. Zamir Alwi dan Staf Pegawai Puskesmas. Dr. Zamir langsung mengajak Bu Sri dan rombongan untuk melihat setiap ruang kerja dan POLI serta bertanya langsung kepada seluruh Pegawai dan Staf Puskesmas, setelah itu dilanjutkan acara diskusi bersama di Ruang Rapat Puskesmas.

Dalam wawancara langsung selesai acara Reses dengan awak media pali.co.id dan Pali Radio 93,8 FM di Ruang Rapat Puskesmas dr. Zamir mengucapkan terima kasih kepada Bu Sri yang telah berkunjung ke Puskesmas Talang Ubi.

“Kami merasa terkesan dengan kunjungan Anggota DPR RI, ini baru pertama kalinya di Puskesmas Talang Ubi, banyak yang kami sampaikan dengan beliau.

“Yang pertama seputar tentang pelayananan, terutama pelayanan BPJS. Terus kelengkapan alat – alat kesehatan dan laboratorium agar ditambah dengan yang lebih baik, lebih modern dan canggih.

“Selanjutnya permasalahan penyalagunaan obat seperti Komix. Harapan kami kedepan akan ada regulasi terkait pembatasan peredaran Komix agar tidak terlalu bebas penjualan dimasyarakat.

“Terakhir permasalahan gangguan jiwa akibat penyalagunaan narkoba dan Komix. Puskesmas terkendala stok abat – obatan, ini dikarenakan pasien gangguan jiwa terlalu banyak, sedangkan suplai dari Provinsi sering putus.

Sementara itu Bu Sri mengatakan akan mendukung dan memperjuangkan serapan aspirasi yang disampaikan pihak Puskesmas Talang Ubi.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan Anggaran Pusat untuk perkembangan Puskesmas Talang Ubi dengan menjadikan Puskesmas Rawat Inap, karena sekarang Puskesmas Talang Ubi sebatas pasien rawat jalan. Saya berharap seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten PALI kedepan punya kemampuan untuk pasien rawat inap.

“Namun itu harus didukung dengan penambahan tenaga dokter dan kelengkapan peralatan kesehatan dan laboratorium, itulah saya kunjungan kesini untuk memperjuangkan semuanya.

“Untuk permasalahan gangguan jiwa karena penyalagunaan obat – obatan saya akan mendorong dari pusat agar BP POM lebih aktif lagi dalam pengawasan peredaran obat seperti Komix.

“Terkait dengan narkoba kami akan bekerjasama dengan lembaga – lembaga anti narkoba di Kabupaten PALI untuk kegiatan sosialisasi penyalagunaan narkoba. Saya akan usahakan lebih banyak lagi panti rehabilitasi korban narkoba.

Bupati PALI berharap dengan adanya kunjungan Ir.Hj. Sri Kustina melalui Kegiatan Reses Perorangan akan dapat membantu peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten PALI.

TEKS : Efran | FOTO : Arven