Pali.co.id | Palembang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat pemantapan persiapan pelaksanaan acara pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) pengawasan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada perairan/laut di wilayah Sumsel. Rapat dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumsel yang digelar di aula Bapenda Sumsel, Selasa (09/02/21).

Kepala Bapenda Sumsel, Dra Hj Neng Muhaiba MM mengatakan, rapat yang digelar hari ini merupakan persiapan pengukuhan Satgas PBBKB untuk perairan.

“Pengukuhan tersebut akan dilaksanakan pada hari Kamis, (11/02/21). Rapat tadi merupakan pemantapan kepanitiaan sekaligus mengecek sampai sejauh mana persiapan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan Kamis nanti. Alhamdulillah semuanya sudah siap,” katanya.

Neng Muhaiba menuturkan, untuk team Satgas tersebut berjumlah 30 orang.

“Yang tergabung dalam Satgas PBBKB yaitu Polisi Perairan dan Udara (Polairud), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dishub Provinsi dan Kabupaten Kota, Polisi Pamong Praja (Polpp) dan Instansi-instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Neng Muhaiba menjelaskan alasan dibentuknya Satgas PBBKB.

“Ide awal pembentukan Satgas PBBKB ini sebenarnya dari Bapak Gubernur. Seperti yang kita ketahui bahwa banyaknya penyedia bahan bakar kendaraan bermotor belum mengetahui aturan ataukah memang disengaja, nah ini yang ingin kita cari tau sekarang. Kenapa masih banyak yang tidak mentaati aturan, yang seharusnya membayar pajak. Dengan dibentuknya Satgas PBBKB ini kita berharap kedepan tidak ada lagi wajib pakak yang tidak patuh, sehingga dengan kepatuhan wajib pajak ketaatan mereka membayar pajak akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita meningkat,” pungkasnya. (Andre)