Pali.co.id | Palembang  –  Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA menyerahkan bantuan uang tunai Rp100 juta untuk korban bencana alam di Provinsi Sulawesi Barat. Bantuan tersebut diterima langsung Kakanwil Kemenag Sulawesi Barat Dr. HM. Muflih B. Fattah, MM di Ruang Pimpinan Kanwil Kemenag Sumsel, Jumat (26/2). Turut hadir pada acara penyerahan bantuan, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil S.Ag, M.Si, serta para Kepala Bidang dan Pembimas Kanwil Kemenag Sumsel. 

Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA dalam sambutannya mengatakan, bantuan ini merupakan sumbangan dari keluarga besar Kemenag Sumsel. Mulai dari Kanwil hingga Kemenag Kabupaten/Kota. “Seyogyanya kami ingin menyampaikan dan memberikan bantuan ini langsung  kepada para korban di Sulawesi Barat. Namun karena kondisi dan situasi yang belum memungkinkan, kami belum bisa berkunjung ke sana. Alhamdulillah kami dapat kabar Pak Kakanwil Sulbar ingin berkunjung ke Palembang. Jadi ini seperti pucuk dicinta ulam pun tiba. Sehingga kami bisa menyampaikan bantuan ini kepada beliau,” tutur Mukhlisuddin.

Mukhlisuddin berharap, bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara yang ada di Sulawesi Barat. “Kami keluarga besar Kanwil Kemenag Sumsel turut berduka dan mengucapkan belasungkawa atas bencana alam gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat. Mudah-mudahan ini bencana alam yang terakhir di sana. Kita berdo’a, semoga Allah meringankan beban para korban bencana alam dan memberkahi kita semua,” harap Mukhlisuddin.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulawesi Barat Dr. HM. Muflih B. Fattah MM dalam sambutannya mengaku bangga dan bahagia bisa hadir di Bumi Sriwijaya. Dirinya sengaja datang ke Sumsel untuk melihat kemajuan dan perkembangan di Sumsel sekaligus untuk bersilaturrahmi dengan warga Kanwil Kemenag Sumsel. “Saya mendengar dan melihat di media sosial dan  berita bagaimana Sumsel mengalami kemajuan pesat. Ada lompatan-lompatan luar biasa. Kami ingin melihat langsung dan belajar. Mudah-mudahan apa yang ada di sini dapat kami terapkan di Sulawesi Barat,” tutur Muflih.

Selain itu, kehadirannya juga untuk bersilaturahmi. Sebab orang yang suka bersilaturahmi memiliki kelebihan luar biasa. “Siapa yang suka bersilaturrahmi akan dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya. Kami datang ke sini, selain untuk melihat kemajuan yang bisa kami adopsi, juga untuk bersilaturrahmi. Saya paham betul, Kakanwil Sumsel ini selain sebagai leader juga sekaligus ulama,” puji Muflih.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari keluarga besar Kemenag Sumsel untuk korban bencana alam Sulbar. “Terima kasih banyak atas perhatiannya. Kami yakin bantuan ini bernilai ibadah dan mendapatkan pahala di sisi Tuhan yang Maha Kuasa. Kami tidak bisa melupakan perhatian ini. Meski secara geografis Sumsel jauh dari Sulbar, namun keluarga besar Kemenag Sumsel memiliki simpati dan empati terhadap warga Sulbar. Sekali lagi, terima kasih,” tuntas Mufilih.

Usai acara penyerahan bantuan, Kakanwil Sumsel dan Kakanwil Sulbar menyempatkan diri menjadi narasumber pada Kegiatan Talkshow bertajuk Penerapan 5M dan Moderasi Beragama di Studio Outdoor Inmas TV Kanwil Kemenag Sumsel. Talkshow berlangsung sekitar 30 menit dengan dipandu Kasubbag Umum dan Humas Dr. H. Saefudin S.Ag, M.Si. (Ril)