Keistimewaan STNK Baru Berbentuk Kartu

BREAKING NEWS NASIONAL PALI TERKINI
SHARE

2,707 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BERITA PALI TERKINI – JAKARTA, Seperti halnya Smart SIM, STNK elektronik akan berbentuk kartu dengan sebuah chip yang tertanam di dalamnya. Langkah ini merupakan salah satu cara Polri untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memberi kemudahan bagi masyarakat. Meski demikian, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen (Pol) Halim Pagarra mengungkapkan pihaknya belum dapat memastikan kapan STNK elektronik bisa terealisasi. Saat ini masih sedang dikaji.

“Selanjutnya, data itu dapat diakses dan dimanfaatkan serta diintegrasikan dengan pihak yang sedang membutuhkan, seperti e-parking, e-pajak, dan lain-lain,” kata Halim. Maka, pemilik bisa juga menyimpan saldo pada kartu tersebut untuk digunakan beragam pembayaran. Termasuk di antaranya adalah pembayaran pajak atau denda tilang. “Karena sudah tak berbentuk kertas (surat) lagi, penyimpanannya akan mudah dan tahan lama. Paling utama, tidak bisa dipalsukan,” ujarnya.

Menurut Halim, STNK elektronik akan memiliki beberapa keunggulan dan manfaat. Salah satunya ialah memudahkan penyimpanan data kendaraan bermotor. Bahkan, pemblokiran STNK pun bisa dilakukan secara sepat dan online, sebagaimana dikatakan Kasie STNK Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazrulrahman. (Nadia)

Jangan Lewatkan :

 

 

Facebook Comments

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *