Kepala BPJS Palembang Terima Vaksinasi Covid – 19 Dosis Pertama

0
10 views

Pali.co.id | Palembang – Bertempat di Rumah Sakit Siti Fatimah dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Duta BPJS Kesehatan Cabang Palembang menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama, Jumat (12/03). Sebagai instansi yang melakukan fungsi pelayanan publik dan berinteraksi langsung dengan masyarakat, pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menetapkan seluruh pegawai BPJS Kesehatan Cabang Palembang sebagai penerima vaksin Covid-19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang “Muhammad Fakhriza” mengatakan bahwa pemberian vaksin diharapkan dapat melindungi pegawai BPJS Kesehatan dimana setiap harinya dalam aktivitas kerja harus memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Diceritakan Riza, sebelum pegawai BPJS Kesehatan menerima vaksinasi terlebih dahulu dilakukan pengecekan data diri dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk untuk memastikan namanya terdaftar sebagai penerima vaksin. Sementara bagi pegawai yang sebelumnya terpapar Virus Covid 19 dan dinyatakan sembuh, akan ditunda pelaksanaan vaksinasi dalam tiga bulan terakhir sejak dikatakan sembuh.

Lebih lanjut Riza mengungkapkan bahwa, selama ini BPJS Kesehatan juga telah banyak berperan membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Dengan penugasan khusus dari pemerintah, BPJS Kesehatan menjalankan tugas khusus dalam hal pencatatan, verifikasi, penagihan dan pelaporan klaim Covid-19 yang mencakup seluruh proses penagihan hingga pembayaran klaim Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia, baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS ataupun belum menjadi peserta JKN-KIS.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan dan menyampaikan data peserta JKN-KIS yang memiliki riwayat fatalitas Covid-19 yang dapat di akses melalui dashboard BPJS Kesehatan. Informasi ini disampaikan secara terbatas kepada seluruh Pemerintah Daerah sehingga diharapkan mampu menjadi data pendukung dalam mengidentifikasi peserta yang memiliki riwayat penyakit komorbid yang berdampak pada fatalitas jika terpapar Covid-19, tambah Riza.

Sementara itu, dokter Nova selaku vaksinator dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa meski telah menjalani proses vaksinasi, ia meminta kepada seluruh masyarakat khususnya duta BPJS Kesehatan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat sehingga bisa meningkatkan imunitas bagi tubuh dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.  Bagi Duta BPJS Kesehatan Cabang Palembang yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap I ini, kami harap agar dapat tetap menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Hal ini karena antibodi baru akan terbentuk setelah mendapat vaksinasi tahap II nanti, yaitu dua minggu dari pemberian vaksin pertama, ujar Nova. (Red)