Ketua IWO PALI Apresiasi Transparansi Kerjasama Media Di Sekretariat DPRD PALI

Ketua IWO PALI Apresiasi Transparansi Kerjasama Media Di Sekretariat DPRD PALI

 386 total views,  2 views today

Pali.co.id – Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar acara pertemuan dengan Insan Pers dan Media di Kabupaten PALI. Bertempat diruang sidang DPRD acara dihadiri oleh Sekwan DPRD PALI Son Haji, SE, M.Si yang diwakili oleh Kabag Hukum Sekretariat DPRD PALI Usmanto, SH.Tampak hadir dalam undangan Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) PALI,  Efran, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) PALI, Nurul Fallah, SH, rekan jurnalis dari berbagai media massa yang ada dikabupaten PALI.


Dalam kata sambutannya Kamis (05/03/20) Usmanto mengatakan ucapan terima kasih atas kehadiran dari seluruh insan pers dan media. Tujuan kami mengundang pada pertemuan ini adalah untuk mempererat tali silaturrahmi dan sharing partner,”ujarnya.
“Atas nama pribadi dan kelembagaan saya mengajak rekan – rekan wartawan dan media duduk bersama mencari solusi yang terbaik dalam kerjasama media.
“Kita akan mendata ulang jumlah wartawan dan media yang akan bekerjasama dengan DPRD.
“Untuk tahun 2020 ini nilai anggaran kerjasama media tidak jauh berbeda seperti tahun 2019.
“Jika tahun lalu anggaran media senilai 300 juta ditambah 70 juta pada APBD-P.
“Sedangkan untuk tahun 2020 bertambah menjadi 400 juta.
Dia menjelaskan bahwa inti dari pertemuan tersebut untuk memastikan insan pers dan media yang bekerjasama harus sesuai dengan aturan satu wartawan satu media satu perusahaan.
Setelah didata dari jumlah proposal kerjasama media yang masuk kesekretariat DPRD sejumlah 90 dari berbagai media massa.Media online mendominasi dengan 47 media, cetak harian 10 media, cetak mingguan 38 media, dan 5 media elektronik. Jumlah itu meningkat 80 persen yang sebelumnya 50 media pada tahun 2019.
Selanjutnya Usmanto menjelaskan nilai harga satuan kerjasama media pertahun.
“Untuk media online 2 juta rupiah, cetak mingguan 6 juta rupiah,  cetak harian 9 juta rupiah dan elektronik 9 juta rupiah.
Dijumpai ditempat acara Ketua IWO PALI, Efran mengatakan bahwa ini merupakan langkah nyata dari sekretariat DPRD untuk transparansi anggaran kerjasama media.
“Saya mengapresiasi sekretariat menggelar pertemanan ini.
“Artinya kami insan pers dan media dapat mengetahui jumlah anggaran dan pembagiannya.
Dalam closing statementnya efran mengatakan sebesar apapun kontrak kerjasama media yang diberikan pasti tidak akan merasa cukup,  apalagi nilai anggaran hanya 400 juta dengan jumlah media hampir menyentuh 100. Untuk itu dia mengajak seluruh rekan – rekan wartawan untuk mengajukan penambahan anggaran kerjasama media di sekretariat DPRD PALI pada tahun depan.
Sementara itu Ketua PWI PALI, Nurul Fallah, SH mengatakan bahwa demi keadilan bersama kerjasama media harus mengacu kepada aturan yang sudah dibuat oleh sekretariat DPRD. Kerjasama harus satu wartawan, satu media, satu perusahaan,” tegasnya.

TEKS   : e’ef

FOTO  : ej@

Facebook Comments
PALI TERKINI