BerandaPALI TERKINIKPU PALI Bongkar Kotak Suara Pilkada

KPU PALI Bongkar Kotak Suara Pilkada

Pali.co.id | PALI – Dalam persiapan persidangan PHP di Mahkamah Konstitusi (MK)  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membuka kembali 68 kotak suara dari 68 TPS di gudang logistik KPU, jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya, Rabu (20/01/21).

Ketua KPU PALI Sunario, SE mengatakan kegiatan ini guna mempersiapkan dokumen saat hadapi tuntutan pemohon dalam hal ini Paslon nomor urut 1 Devi Haryanto-Darmadi Suhaimi (DH-DS) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Pihak KPU akan persiapkan dokumen sebagai bahan jawaban tuntutan pemohon, ada 68 kotak suara yang dibuka sesuai gugatan pemohon. Yaitu dari kecamatan Talang Ubi sebanyak 12 kotak suara, Penukal 28 kotak, Penukal Utara 19 kotak, Abab 8 kotak dan Tanah Abang 1 kotak,” kata  Sunario.

Dikatakan Sunaryo, mengatakan daftar tamu dan form c1 yang diambil sebagai dukumen untuk bukti pendukung KPU yang nantinya akan di bawah ke Jakarta.

“Berkas ini di fotocopy kemudian yang asli kita masukkan lagi ke kotak suara kemudian disegel kembali. Fotokopi dokumen itu yang akan dibawa ke MK sebagai bahan bukti dan bahan jawaban terhadap tuntutan pemohon. Ada juga formulir C hasil pleno, hanya saja dokumen itu tidak di fotokopi hanya di foto saja,” tambahnya.

Menurut dia, bahwa dalam kegiatan pembukaan kembali 68 kotak suara tidak melibatkan pihak Paslon, karna prosedurnya sudah sesuai  Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Sementara itu, ketua Bawaslu PALI Heru Muharam mengatakan pihak Bawaslu akan memastikan pembukaan surat suara harus sesuai dengan prosedur.

“Kegiatan pembukaan kotak surat suara untuk mengambil bukti-bukti yang akan dijadikan bukti dipersidangan nanti. Yang akan di fotocopy  dan informasinya akan dijadikan keterangan dari pihak KPU. Pihak Bawaslu hadir di sini untuk melakukan pengawasan bahwa prosedur pembukaan surat suara itu benar sesuai peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Ditambahkan dia, untuk draf keterangan dari bawaslu sebagai pihak terkait bawaslu PALI akan menyandingkan dengan form pengawasan, dengan form C hasil salinan yang ada di Bawaslu dan dengan penanganan pelanggaran yang sudah dilakukan.

“Untuk perkembangan saat ini, disisi lain Bawaslu Pali juga kemarin baru kembali dari Jakarta, diundang oleh Bawaslu RI untuk finalisasi draf keterangan pihak terkait, karna Bawaslu Pali dalam perselisihan hasil pilkada ini menjadi pihak terkait, jadi kita akan menyandingkan dengan form pengawasan yg ada di kami serta hasil salinan yg ada di bawaslu Pali.” Jelas Heru Muharam.

Dimana sidang pertama gugatan PHP Pilkada PALI dijadwalkan pada tanggal 26 Januari 2021 mendatang dengan agenda pembacaan tuntutan pemohon. (ej@)

Jangan Lewatkan
Scroll Up