Kuasa Hukum SIRA Dampingi Kliennya yang Dilaporkan Terkait Dugaan Pungli

Kuasa Hukum SIRA Dampingi Kliennya yang Dilaporkan Terkait Dugaan Pungli

Pali.co.id | Palembang – Terkait dugaan laporan yang dilakukan Tim Kuasa Hukum Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto terhadap LSM SIRA di Kepolisian dari Berita media pada tanggal (6/12), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suara Informasi Rakyat (SIRA) Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Kuasa Hukum Arya Aditya SH, Edy Ginting SH dan Partner melakukan Konferensi Pers dengan sejumlah awak media di salah satu cafe di Palembang, Rabu (29/12/2021).

“Kami darI Kuasa Hukum dari SIRA, hari ini akan melakukan pendampingan secara keseluruhan LSM SIRA terkait Statement Kepala Dinas Pendidikan Kota melalui kuasa hukumnya yang akan melaporkan SIRA ke Polisi. sebenarnya ini bukan persoalan yang mendesak tapi karena ini sudah menjadi konsumsi Publik maka kami harus menyikapinya,” ungkap Kuasa Hukum SIRA dari Kantor Hukum Arya Aditya SH ,Edy Ginting dan Partner.

“Edy Ginting SH.mengatakan, “Kami dari Tim Kuasa Hukum telah mempelajari percakapan chat yang di lakukan Rahmat Iqbal Sandi dengan Kepala Dinas Pendidikan, kalau pun dalam Statement itu mereka menganggap tidak baik apa yang dilakukan oleh SIRA tapi sejatinya instansi Pemerintah harus terbuka dan menerima kritik dari siapapun. Untuk membuka komunikasi sebagai bentuk transparansi dalam penggunaan keuangan Negara tersebut,” katanya.

“Kalaupun memang mereka dalam Statementnya mengkaji untuk membuat laporan, kami menunggu laporan tersebut untuk dilaporkan kepada siapa pun terkait permasalahan komunikasi rekan kami selaku Ketua LSM SIRA Rahmat Iqbal Sandi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Terkait Statment Kuasa Hukum Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang yang mengatakan akan melaporkan SIRA karena ada percakapan ada kejanggalan dan terkesan tidak elok, disini kami selaku Kuasa Hukum LSM SIRA mempertanyakan percakapan yang bagaimana dianggap tidak elok tersebut,” ujarnya.

“Arya Aditya SH mengatakan, apakah ada percakapan dari LSM SIRA dugaan ada pengajuan dana dan kami siap membuka Chat tersebut ke awak media apa bila di perlukan, kami mengultimatum Kadiknas Kota Palembang untuk melaporkan LSM SIRA kalau memang apa yang dilakukan SIRA ini ada perbuatan melawan Hukum,” tegasnya.

Terkait laporan yang telah kami laporkan kemarin adalah laporan Anggaran tahun 2021 dan dalam waktu dekat kami juga melaporkan pihak Diknas Kota Palembang dugaan indikasi KKN anggaran tahun 2017,2018,2019 dan 2020 akan kami laporkan langsung KPK karena menurut kami adanya dugaan indikasi kejanggalan pada proses lelang,” bebernya.

Sementara Ketua LSM SIRA, Rahmat Iqbal Sandi mengucapkan terima kasih kepada pihak Tim pengacara yang telah bersedia memberikan pembelaan dan pendampingan kepada kami LSM SIRA secara gratis, merasa terpanggil melihat gerakan darj LSM SIRA dalam penyampaian laporan dugaan indikasi pemberantasan korupsi di wilayah Sumsel.

Untuk selanjutnya kami dari SIRA akan terus mendorong persoalan indikasi dugaan KKN di Diknas Kota Palembang, karena ini peran serta masyarakat terhadap pengawasan tindak Pidana dugaan indikasi Korupsi dan telah di atur dalam Undang -Undang nomor 43 tahun 2018 yang di jelaskan Negara akan memberikan penghargaan terhadap LSM maupun lainnya didalam pelaporan dugaan indikasi Korupsi,” katanya.

“Di tambahkan oleh Sekeretaris LSM SIRA Rahmat Hidayat mengatakan, terkait pemberitaan masalah upaya-upaya Hukum yang akan di tempuh oleh Dinas Pendidikan Palembang kami telah menyerahkan sepenuhnya kepada Kuasa Hukum kami, perlu di ketahui SIRA akan tetap Focus untuk mengawal dan mengkritisi pengolalahan anggaran yang ada di Diknas Pendidikan Kota Palembang,” tambahnya.

“Perlu juga di ketahui bahwa beberapa waktu yang lalu kamj telah melaporkan kepada Kejati Sumsel dan BPK Perwakilan Sumsel, dalam waktu dekat kami juga akan membawa kasus dugaan indikasi Korupsi di Diknas Kota Palembang ke KPK RI dan KPPU RI,” pungkasnya.
(AN)

BREAKING NEWS PALEMBANG PALI TERKINI