[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Klik Disini Untuk Dibacakan”]

Pali.co.id – Jakarta, Pembebasan tagihan bagi pelanggan 450 volt-ampere (VA) dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA Subsidi diperpanjang oleh Pemerintah hingga September 2020. Awalnya insentif tersebut berlaku mulai April hingga Juni.

Pembebasan dan diskon tagihan listrik tersebut juga berlaku bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar. Untuk pelanggan 450 VA, pembebasan akan langsung PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) lakukan atas tagihan listrik mereka.

Diskon tarif bagi pelanggan subsidi 900 VA Pascabayar, juga langsung PLN poting 50% dari total tagihan.

Sementara untuk pelanggan Prabayar yang memakai token, ada 2 metode yang bisa mereka gunakan untuk mengklaim diskon subsidi tersebut, yakni Melalui Aplikasi WhatsApp dan Melalui situs website resmi PLN.

Cara klaim Melalui via WhatsApp :

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123. Dimulai dengan mengirimkan pesan berupa nomor ID pelanggan.
  3. Setelah itu, muncul balasan otomatis dari PLN agar mengikuti petunjuk dengan mengetik angka 1. Bunyi pesannya: Halo Electrizen. Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/ Diskon Stimulus Covid19. Ketik 2 untuk Baca Meter Mandiri pemakaian listrik (pascabayar). Hotline PLN (kode area) 123.
  4. Setelah menjawab dengan angka 1, PLN kemudian membalas agar memasukkan nomor ID pelanggan. Bunyi pesannya: Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan pelanggan Bisnis dan Industri 450 VA. Silakan masukan ID pelanggan/nomor meter Anda ya? 
  5. Tak butuh waktu lama, token gratis dari PLN langsung muncul 6. Kini, token listrik gratis dari PLN sudah dapat digunakan.

Melalui situs website resmi PLN :

  1. Buka website resmi PLN di www.pln.co.id.
  2. Klik Stimulus Covid-19 (Token gratis/diskon).
  3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter pada kolom pencarian.
  4. Masukkan kode Captcha lalu klik Cari.
  5. Token listrik gratis atau diskon 50% akan tampil pada kolom keterangan.
  6. Token listrik gratis atau diskon 50% berhasil didapatkan, pelanggan bisa memasukkan angka tersebut ke kwh meter.

Tidak hanya untuk golongan pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi saja,  Pemerintah juga akan memperluas Insentif tagihan listrik menyasar pelanggan segmen sosial, bisnis, dan industri. (Nadia)