Mafia Pembuatan SIM Palsu di Palembang Dibongkar

Mafia Pembuatan SIM Palsu di Palembang Dibongkar

 3,513 total views,  4 views today

Pali.co.id | PALEMBANG, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Unit Kendaraan Bermotor Polrestabes Palembang menciduk 2 orang tersangka pemalsu dan makelar SIM (Surat Ijin Mengemudi) Palsu, Erlangga Gusta (37) dan Nyayu Fadilah (48) yang sering beroperasi di Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji didampingi Kanit Ranmor Iptu Novel Siswandi menjelaskan bahwa dua tersangka mempunyai peran masing-masing dalam menjalankan aksi nya.

Tersangka Erlangga berperan membuat dan mencetak SIM berbagai golongan yakni SIM A, B, C dan Tersangka Nyayu yang menawarkan maupun penerima pesanan SIM palsu,” ujarnya.

“Kami berhasil tangkap mereka berawal dari laporan masyarakat,” ujarnya, Selasa (21/1/2020).

“Saya dapatkan bahannya dari beli bahan SIM lama dari orang seharga Rp.50.000/pcs kemudian SIM A dan C saya jual ke yang memasarkan seharga Rp150 ribu, untuk Sim B Rp 250 ribu,” ungkap Erlangga.

Didapatkan barang bukti berupa beberapa keping SIM serta KTP palsu dan peralatan untuk mencetak SIM palsu seperti mesin printer dan gunting.

“Tersangka dijerat pasal berlapis yakni Pasal 263 Junto Pasal 264 KUHP tentang pemalsuan dokumen atau identitas. Kemudian Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman pidana penjara 10 tahun,” pungkas Kapolrestabes Palembang. (JrY)

Facebook Comments
BREAKING NEWS HUKUM & KRIMINAL PALEMBANG