Pali.co.id | PALI – Balai Monitoring (Balmon) Palembang laksanakan sosialisasi Spektrum Frekuensi kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir di Studio Pali Radio 93.8 FM “Payo Besuaro” Pendopo PALI, Kamis (26/11). Sosialisasi yang dikemas melalui talk show mengambil tema “Dampak Yang Ditimbulkan Oleh Penggunaan Spektrum Radio Secara Sembarang Terhadap Frekuensi Penerbangan dan BMKG”.

Kepala Balmon Kelas I Palembang Ir. Muhammad Sopingi, MM menerangkan pihaknya terus mensosialisasikan secara masif dari penggunaan spektrum frekuensi radio melalui media massa, salah satunya melaui siaran radio.

“Balmon mempunyai tugas pokok dan fungsi untuk memonitor, pengawasan dan penegakan hukum. Perangkat yang digunakan untuk spektrum frekuensi harus bersertifikat, artinya harus ada izin resmi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika, jika terbukti melanggar kami tindak dengan melakukan penyegelan dan penyitaan” jelasnya saat siaran talk show.

Sopingi mengatakan bahwa penggunaan spektrum frekuensi radio secara sembarang akan berdampak terganggunya frekuensi penerbangan dan BMKG. Akibat dari penggunaan frekuensi yang sembarangan, Indonesia sering mendapatkan komplain dari negara lain karena frekuensi di Indonesia mengganggu frekuensi di Negara lain. Oleh karena itu, pengguna frekuensi radio wajib melakukan pengurusan Izin Spektrum Radio (ISR) sebelum menggunakan frekuensi radio.

“Untuk penerbangan, spektrum frekuensi ilegal akan mengganggu komunikasi pilot dengan pihak bandara saat akan landing, sedangkan BMKG terganggu saat membaca keadaan cuaca. Bagi siapapun pengguna spektrum frekuensi sembarang akan dikenakan sanksi hukum pasal berlapis, untuk perangkat akan dituntut hukuman  2 tahun penjara dan denda 100 juta, frekuensi hukuman 4 tahun  penjara dan denda 400 juta, dampak penerbangan yang berakibat jatuhnya pesawat terbang akan dijerat hukuman 15 tahun penjara,” tegas Sopingi.

Sementara itu, PIC Pelayanan Publik Balmon Palembang Ilhamsyah menjelaskan tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pengguna frekuensi untuk dapat tertib dalam penggunaan frekuensi radio.

“Pengurusan perizinan penggunaan frekuensi radio dapat dilakukan mandiri secara online sehingga tidak harus datang ke kantor Balmon di Palembang yang beralamat Jln. Macan Kumbang No. 50. Sebelum melakukan pengurusan, calon pengguna frekuensi harus menyiapkan beberapa dokumen dalam bentuk pdf sebagai berikut : NIB perusahaan dan izin komersial (bagi perusahaan yang bergerak di bidang komersial), NPWP, Surat Kuasa apabila pengajuan perizinan dilakukan oleh orang yang bukan merupakan direktur perusahaan, Akta perusahaan bagi perusahaan atau SK Pembentukan bagi Instansi Pemerintah, Izin Penyelenggaraan Penyiaran bagi stasiun radio ataupun televisi. Setelah semua dokumen yang akan dijadikan lampiran sudah siap maka calon pengguna frekuensi dapat melakukan tahapan pengajuan izin frekuensi radio melalui website http://oss.go.id untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai Perizinan Berusaha untuk Radio komersial kemudian dilanjutkan ke proses pendaftaran di Website http://e-penyiaran.kominfo.go.id merupakan website yang digunakan bagi calon pengguna frekuensi radio yang bergerak di bidang penyiaran (Broadcasting) untuk mendapatkan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP),” papar Ilhamsyah.

Kemudian dilanjutkan ke Website http://spectraweb.ditfrek.postel.go.id untuk melakukan pengajuan Izin Spektrum Radio (ISR), untuk penggunaan yang bersifat non komersial atau perorangan, pihak pengaju tidak perlu melakukan pendaftaran ke website oss untuk memperoleh NIB tapi cukup langsung mengurus IPP dan ISR disertai dengan mengunggah dokumen-dokumen yang telah menjadi persyaratan. Nantinya pada setiap website diatas terdapat menu panduan yang dapat digunakan sebagai panduan proses dalam pengajuan izin dari setiap website sehingga mempermudah bagi masyarakat dan lembaga yang ingin mengurus izin frekuensi dan siaran radio. Jika masih terdapat kendala dalam pegajuan Izin Spektrum Radio (ISR), Balmon juga menyediakan call center 159 untuk  dapat dipergunakan oleh masyarakat atau lembaga yang ingin bertanya lebih lanjut tentang kepengurusan izin tersebu dapat dipergunakan oleh masyarakat atau lembaga yang ingin bertanya lebih lanjut tentang kepengurusan izin tersebut.

Pada kesempatan sosialisasi ini Kepala Balmon Palembang dan Ilhamsyah didampingi oleh PIC Pelayanan Publik Balmon Kelas I Palembang Budi Mahpudin dan Jefri Yogatama. (ej@)