Merasa Terzholimi Sebagai Calon Kepala Desa Sungai Baung, Shinta Andayani Meminta Keadilan

Merasa Terzholimi Sebagai Calon Kepala Desa Sungai Baung, Shinta Andayani Meminta Keadilan

 526 total views,  2 views today

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Klik Disini Dengar Berita”]

PALI TERKINIPILKADES, Setelah kemarin didatangi Aliansi Pemuda Demokrasi Kabupaten PALI , kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hari ini (27/08) kembali didatangi oleh puluhan warga Desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI meminta agar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak (29/08) di desanya agar diundur. Karena menurut pengunjuk rasa, ada tindakan Diskriminasi terhadap salah satu calon Kades yang digugurkan secara sepihak oleh mantan panitia Pilkades yang sebelumnya memang  telah mengundurkan diri.

DPRD PALI yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD PALI, Darmadi Suhaimi dan Devi Heriyanto yang didampingi Aswawi Mansyur Anggota Komisi I dan Sudarmi ST menyambut warga pengunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya.Dihadapan Anggota DPRD, Kordinator Aksi, Efri Sandi menyampaikan orasinya meminta keadilan terhadap Shinta Andayani, Calon Kepala Desa Sungai Baung nomor urut 4 yang digugurkan sepihak oleh panitia pikades yang telah mengundurkan diri setelah penetapan Shinta sebagai salah satu Calon Kepala Desa (Cakades). Selanjutnya perwakilan unjuk rasa diajak berdiskusi di ruang rapat komisi I DPRD PALI.

Diluar kantor DPRD PALI Santoso salah satu warga menjelaskan, bahwa sedari awal tahapan Pilkades Desa Sungai Baung ditetapkannya 4 Cakades oleh panitia tidak ada masalah. Terkait tahapan pilkades Santoso mencoba menceritakan, ada 7 cakades yang mendaftar di Desa Sungai Baung dan setelah mengikuti psikotes yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten PALI, panitia menetapkan 4 Cakades atas nama M.Didik, SE, Yahmansyah, Defiansyah dan Shinta Andayani melalui Surat Laporan Panitia Pilkades Desa Sungai Baung Nomor : 04/PILKADES/SB/2019 dan Berita Acara Rapat Penetapan Calon Kepala Desa Sungai Baung yang berhak dipilih Nomor : 015/KPTS/BPD-SB/2019 pada tanggal 27 Juli 2019.

Kemudian panitia pilkades yang diketuai oleh Supawi dan anggota bersama perwakilan BPD Desa Sungai Baung Dendi mengadakan pengundian nomor urut dikediaman Supawi terhadap 4 calon, dengan hasil undian nomor urut (1).M.Didik,SE

(2)  Yahmansyah

(3) Defiansyah

(4) Shinta Andayani

Santoso melanjutkan, setelah Calon Kepala Desa ditetapkan oleh panitia dan berhak untuk dipilih oleh masyarakat Desa Sungai Baung, seluruh panitia mengundurkan diri dari jabatannya melalui surat pernyataan pengunduran diri yang disampaikan kepada BPD Desa Sungai Baung pada tanggal 3 Agustus 2019, anehnya tanpa sepengetahuan masyarakat, mantan panitia masih bekerja dan saat BPD akan membentuk panitia baru, ternyata pada 16 Agustus 2019 ada pengumuman baru melalui Panitia Pilkades Nomor : 06/Pilkades/SB/2019 yang menyebut ada 5 Cakades Desa Sungai Baung diantaranya 1.M.Didik,SE, 2.Yahmansyah, 3 Defiansyah, 4. Feri Setiawan, 5. Sulhandi, yang ditandatangani oleh Supawi Selaku Ketua dan Doko Riswanto selaku Sekretaris, dan anehnya nama Shinta tidak tertera disana,” jelas Santoso.

 

Berawal dari pengumuman baru itu Santoso menilai permasalahan timbul, gejolak dan keresahan semakin mencuat pasca keluarnya pengumuman yang dikeluarkan mantan panitia, dikarenakan Sinta merasa dirugikan karena keputusan sepihak oleh mantan panitia tersebut, dan tepatnya hari ini Shinta meminta keadilan melalui DPRD PALI agar mendesak pemerintah kabupaten PALI untuk menunda Pilkades di Desa Sungai Baung sebelum permasalahan ini ada penyelesaiannya, dan akan bertahan sampai ada keputusan. (e’ef)

Facebook Comments
PALI TERKINI