Ketua IWO PALI Minta Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Wartawan Di Sulbar

Ketua IWO PALI Minta Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Wartawan Di Sulbar

 236 total views,  2 views today

Pali.co.id | PALI -Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI), mengutuk keras atas perlakuan biadab yang menimpa pada jurnalis wartawan online kabardaerah.com. bernama Demas Laira (28) yang bertugas di Sulawesi Barat yang terjadi pada Kamis, (20/8/2020) yang mengakibatkan korban tewas.

Efran selaku Ketua IWO PALI menyampaikan, bahwa tindakan yang diduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung itu adalah tindakan yang sudah tidak bisa ditolerir. Pembunuhan keji yang dilakukan pelaku mencederai profesi jurnalis, peristiwa yang menimpa Demas Laira menambah daftar panjang kekerasan terhadap jurnalis.

“Meminta kepada Kapolri, Kapolda Sulbar dan Kapolres Mamuju Tengah untuk segera mengusut dan mengadili para pelaku sesuai dengan peraturan dan perundang -undangan yang berlaku. Kepada oknum yang melakukan tindakan kekerasan terhadap jurnalis,”Ungkap Efran saat dihubungi di Kantornya,Jum”at (21/08/20).

Dia menambahkan jurnalis dalam bayang – bayang kekerasan dalam menjalan tugas dan fungsinya. Meski mendapat perlindungan dari UU Pers sejak 1999, wartawan sering mendapat halangan dalam bekerja. Mereka diancam, diteror, diperlakukan secara buruk, menjadi korban kekerasan fisik bahkan pembunuhan.

“Dalam catatan Aliansi Jurnalis Indonesia ada 763 kasus kekerasan terhadap jurnalis sejak tahun 2006. Indonesia menempati urutan 124 dari negara di dunia dalam aspek kebebasan pers dari Reporters Without Border tahun 2019,”Jelas Efran.


Dilansir dari fokusmetrosulbar.co, kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi, korban tewas yang di ketahui Identitas nya sebagai wartawan kabardaerah.com, di duga kuat di bunuh oleh orang tidak di kenal. Aksi pembunuhan sadis tersebut terjadi di pinggir Jalan Dusun Salu Bijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa, Mateng, Sulawasi Barat. Rabu kemarin (19/08/2020).

Kasat Reskrim Polres Mamuju Tengah Iptu Agung Setyo Negoro membenarkan hal tersebut, memang benar Demas Laira (28) adalah korban pembunuhan.

“Korban yang sudah di ketahui Identitas nya bernama Demas Laira (28) yang berprofesi sebagai Wartawan kabardaerah.com adalah benar sebagai korban pembunuhan,” Ucap Iptu Agung Setyo Negoro.

Agung menambahkan, ada 8 luka tusukan di bagian ketiak sebelah kiri hingga bagian dada, yang menyebabkan korban tewas.

“Kami sudah melakukan olah TKP dan menemukan beberapa barang bukti milik korban berupa kartu Identitas KTP, SIM, Id Card Media Online kabardaerah.com dan Indometro.id, serta satu unit sepeda motor. Selain itu kami juga menemukan satu buah sepatu tanpa ada pasangan nya yang belum di ketahui pemilik nya,” Lanjut Agung. (ej@)

Facebook Comments
PALI TERKINI