Pastikan Stok Cukup dan Harga Bapok Stabil, Pemkab PALI Sidak Pasar Pendopo

0
24 views

Pali.co.id | PALI  – Sebentar lagi umat Islam diseluruh dunia bahkan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan, setelah itu merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Tentu stok dan harga bahan kebutuhan pokok (Bapok) biasanya sangat rawan menjadi polemik ditengah masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sudah mengantisipasinya melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan sidak pasar – pasar yang ada di Bumi Serepat Serasan guna menjaga stok dan harga Bapok agar tetap terkendali menjelang Ramadhan ini, dan di pasar Pendopo Kecamatan Talang Ubi ada beberapa harga bahan pangan naik berkisar Rp. 1.000- 1.500,- namun beras turun harga.

“Ini kegiatan tahunan TPID menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, untuk pasar Pendopo merupakan salah satu indikator untuk lajunya Inflasi di Kabupaten PALI, hasil sidak hari ini meskipun ada kenaikan beberapa bahan pokok yang naik seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang hijau, kedelai dan terigu tapi masih tahap wajar, namun harga beras malah turun.” Ujar Junaidi.S.Sos.,M.Si Kabag Ekobang Setda kabupaten PALI saat ditemui di Pasar Pendopo(8/4/2021)

Selain pasar Pendopo TPID akan melakukan sidak ke semua pasar yang ada di Kabupaten PALI, guna menjaga harga dan stok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

“Hari ini merupakan hari ketiga TPID sidak ke pasar Pendopo, dan untuk harga masih stabil seperti beras, telur, ikan, sayur mayur, dan daging. Untuk stok bahan kebutuhan pokok masih aman untuk satu bulan kedepan, dan kegiatan ini akan dilanjutkan lagi ke pasar – pasar lainnya yang ada di PALI.” Ungkap Husman Gumanti, SE. M.Si Wakil Sekretaris TPID Kab. PALI.

Guna menjaga stok bahan pangan pedagang pasar Inpres Talang Ubi membeli dari petani di Kabupaten PALI dan ada yang mendatangkan dari luar daerah, apabila ada pedagang yang menaikan harga tanpa mematuhi aturan pasar maka akan ditindak tegas.

“Pedagang di pasar Pendopo melakukan inovasi seperti sayur mayur pedagang mendatangkan dari pagar alam dan sekitarnya, untuk beras pedagang sebagian membeli dari petani yang ada di PALI dimana petani kita saat ini masih musim panen, dan apabila ada pedagang yang nakal dengan menaikan harga seenaknya serta tidak mematuhi aturan pasar maka akan ditindak tegas.” Tambah Husman Gumanti, SE. M.Si yang merupakan Asisten II Pemkab PALI ditemui saat sidak ke Pasar Inpres Pendopo. (8/4/21)

Pada saat pandemi COVID-19 ini daya beli masyarakat menurun, guna mengantisipasi hal tersebut, pihak Pemkab. PALI sudah ada upaya untuk menanggulangi hal tersebut.

“Guna mengatasi daya beli masyarakat yang rendah, kemungkinan pihak Pemkab PALI kedepan akan melakukan pasar murah, guna meringankan masyarakat dalam menjalani ibadah Puasa Ramadhan dan menyambut Idul Fitri.” Tutup Assiten II Pemkab  PALI. (Ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here