Pengadaan Barang/Jasa yang Tepat Kunci Lancarnya Pembangunan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

EKONOMI PALI TERKINI
SHARE

36 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

PALI TERKINI – Pengadaan barang/jasa yang tepat adalah kunci bagi lancarnya pembangunan suatu daerah. Sebab mulusnya operasional suatu daerah banyak bergantungnya pada lancarnya proses pengadaan. Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang terbentuk pada tahun 2013 lalu. Keberadaan Bagian Layanan Pengadaan (BLP) menjadi sangat penting dan mendesak untuk diperlukan guna mendukung proses pengadaan barang/jasa secara elektronik, agar pengadaan lebih efektif dan efisien, lebih terpadu dan terkendali (karena penyedia yang overload menangani proyek dan penyedia yang blacklist dapat terpantau), menjamin proses pengadaan barang/jasa ditangani oleh aparatur yang profesional dan kompeten, dan meningkatkan kinerja SKPD dalam menjalankan tufoksinya, karena tidak lagi menangani pangadaan barang/jasa dilingkungannya.

Muhammad Hilmansyah, ST – Kabag Layanan Pengadaan Kabupaten PALI

Pergeseran peran pemerintah untuk lebih mengedapankan fungsi pelayanan publik mendorong Pemerintah Kabupaten PALI untuk berinisiatif mengadakan proses pengadaan barang/jasa dengan membentuk BLP sendiri. Terlebih lagi, porsi anggaran Pemerintah Kabupaten PALI yang dibelanjakan melalui proses pengadaan setiap tahunnya cenderung meningkat.

Terbentuknya BLP Kabupaten PALI, sebagaimana diakui oleh Muhammad Hilmansyah, ST selaku Kepala Bagian Layanan Pengadaan Kabuapten PALI saat ditemui diruang kerjanya (23/08/19) tidak terlepas dari komitmen Ir.H. Heri Amalindo Bupati PALI agar proses pengadaan barang/jasa dapat dilakukan di Kabupaten PALI. Hilman yang juga sebelumnya merupakan mantan pejabat ULP Provinsi SUMSEL mengatakan, bahwa BLP PALI baru terbentuk pada bulan Januari tahun 2019 dengan jumlah pegawai 24 orang yang terdiri dari 8 PNS dan 16 TKS , dan pada tahun ini proses pengadaan barang/jasa sudah mulai berjalan melalui ULP PALI, yang pada tahun-tahun sebelumnya masih dilakukan di ULP Provinsi.

Hilman melanjukan, saat ini Kantor Bagian Layanan Pengadaan Kabupaten PALI berada diarea kantor Bupati Kabupaten PALI beralamat dijalan Merdeka Km 10 Kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi, dan secara kelembagaan Bagian Layanan Pengadaan Kabupaten PALI sebagai BLP permanen, melalui Perda Nomor 6 Tahun 2016 dan Perbup Nomor 11 Tahun 2019, dan Pemerintah Kabupaten dan DPRD Kabupaten PALI sepakat membentuk BLP permanen yang melekat di Sekeretariat Daerah dalam bentuk Bagian Layanan Pengadaan, setingkat Eselon III. (e’ef)

Facebook Comments

SHARE