MEDIA SOSIAL – Adapun UU ITE (  Informasi dan Transaksi Elektronik ) merupakan undang-undang yang mengatur dan melindungi informasi dan transaksi elektronik di dunia maya.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, “Yang bisa dijerat bukan hanya yang membuat, tapi justru juga yang mendistribusikan dan mentransmisikannya. Jangan mudah menyebar informasi yang bisa menimbulkan kebencian terhadap kelompok tertentu,” tutur Henry Subiakto, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum di Jakarta. Informasi negatif yang dimaksud antara lain informasi yang berisi tuduhan, fitnah, berita palsu, atau SARA yang mengundang kebencian.

Para pengguna media sosial agar lebih berhati-hati dan bijak menggunakan media sosial agar tak mudah terjerumus dan akhirnya dijerat dengan UU ITE.

4 hal yang tidak boleh kita lakukan saat bermedsos agar kita tidak terjerat kasus hukum UU ITE :

1. Perjudian

Pasal 45 ayat 2: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

2. Penghinaan Dan/Atau Pencemaran Nama Baik

Pasal 45 ayat 3 : Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

3. Menyebarkan Kebencian Atau Permusuhan Individu Dan/Atau Kelompok Masyarakat Tertentu Berdasarkan Atas Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Pasal 45 A ayat 2: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/ atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

4. Langgar Kesusilaan

Pasal 45 ayat 1: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

 

Tetapi terkadang ada juga  orang yang belum tau dengan UU ITE ini, mungkin saja dia berpendapat kalau media sosial itu bebas untuk berpendapat, seringkali terjadi chaos sehingga menimbulkan masalah dari ketidak tahuannya.

Pemerintah masih perlu untuk secara kontinyu di tiap daerah/provinsi untuk sosialisasikan mengenai UU ITE ini baik kepada masyarakat Kota sampai Masyarakat yang tinggalnya di pedalaman. ( Nadia )