Pali.co.id | Muaraenim – Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi dengan cara mengunjungi sejumlah pesantren dan masjid di Kabupaten Muaraenim, Sabtu (7/11). Di tempat-tempat tersebut, Kakanwil menyerahkan bantuan mushaf al Quran dan uang serta didaulat menyampaikan tausiyah.
Lokasi yang didatangi Kakanwil adalah Pesantren Al Ashriyyah Nurul Islam Desa Kota Padang, Masjid Jami’al Muqadimah di Desa Gunung Agung, dan Masjid At-Taqwa Desa Tanjung Raya. Pesantren dan masjid-masjid ini semuanya terletak di Kecamatan Semende Darat Tengah, Kabupaten Muaraenim. Tak hanya berkunjung, Kakanwil dalam kesempatan itu juga didaulat menyampaikan tausiyah. Kakanwil juga memberikan bantuan berupa uang serta mushaf al Quran.
Dalam kunjungan ini, Kakanwil didampingi Bupati Muaraenim H. Juarsah SH, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam H. Muhammad Ali S.Ag, M.Pd.I, Kakankemenag Kabupaten Muaraenim H. Abdul Harris Putra S.Ag, M.Pd, Kakankemenag Kota Palembang H. Deni Priansyah S.Ag, M.Pd.I, Kakankemenag Kabupaten Banyuasin HM. Arkan Nurwahiddin S.Ag, M.Pd.I, Kakankemenag Penukal Abab Lematang Ilir H. Hasanudin S.Ag, M.Pd.I, Kakankemenag Kabupaten Lahat Drs. H. Rusyidi Ja’far MM, Kakankemenag Kota Lubuklinggau Drs. H. Azhari Rahardi M.Si, Kakankemenag Kabupaten Empat Lawang H. Makki Kamil S.Ag, M.Pd.I, Ketua DW Kanwil Kemenag Sumsel Dra. Hj. Sumalihah M.Pd.
Hadir pula dalam kegiatan ini, pimpinan Pondok Pesantren Al Haromain Pulau Panggung KH. Dainawi, Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatul Muta’allimin KH. Marsudi, Pimpinan Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman Ustadz Azhari S.Pd.I, M.Pd, serta SKPD mulai dari Camat, Kapolsek, dan Danramil.
Dalam tausiyahnya, Kakanwil mengajak untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. Menurutnya, Allah selalu memberikan yang terbaik buat hambanya. Allah selalu memberikan kebahagiaan buat hambanya. “Bagaimana caranya bersyukur? Antara lain dengan selalu berbuat kebaikan. Di mana kita berada, kita harus selalu berbuat kebaikan. Di manapun kita berada, kita mesti berusaha membantu umat,” ajak Mukhlisuddin.
Selain itu, dia mengajak agar selalu menjalankan perintah Allah, mencontoh Rasulullah SAW, serta menjaga silaturahim. “Kita semua adalah milik Allah SWT. Jabatan, status, dan harta kita adalah milik Allah. Oleh karena itu, wajib bagi kita senantiasa menaati perintah Allah. Kemudian kita harus meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Bagaimana perkataan Rasulullah, perbuatan Rasululllah, serta sikap dan perilaku Rasulullah, harus kita contoh. Kemudian terakhir jagalah kekerabatan, kekeluargaan, jangan saling iri,” pesan Mukhlisuddin.
Bupati Muaraenim H. Juarsah SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia peringatan hari besar Islam yang selalu semangat dalam melaksanakan peringatan. Menurut Juarsah, rasa syukur dan bangga sekaligus terpatri bagi masyarakat Semende karena putra daerah mampu menduduki jabatan paling tinggi di Kementerian Agama Sumater
a Selatan.
“Hari ini kita dihadiri langsung Putra Terbaik Semende, yaitu Pak Kakanwil Dr. Mukhlisuddin SH, MA. Kita bersyukur putra putra Gunung Agung bisa kembali dalam rangka memperingati maulid.
Marilah kita mengisi pembangunan Muaraenim yang merakyat, agamis, dan mandiri. Pemkab Muaraenim sendiri memiliki banyak program di bidang keagamaan dan selalu memberikan award bagi mereka yang berprestasi di bidang agama,” jelas Juarsah. (quds)