Pali.co.id | PALI – Kepolisian Resor (Polres) Penukal Abab lematang Ilir (PALI) menggelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 di halaman Mapolres PALI, Rabu (05/05/21).

Gelar pasukan yang dilaksanakan serentak di Indonesia itu dipimpin oleh Pejabat Bupati PALI Dr.H. Rosidin Hasan, M.Pd.I untuk memastikan kesiapan seluruh personil Polri, TNI, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar dan Pramuka kabupaten PALI dalam pengamanan perayaan Hari raya Idul Fitri 1442 H dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Akhir-akhir ini tren kasus Covid-19 di Indonesia cenderung naik, ini karena meningkatnya aktivitas masyarakat dalam menyambut hari raya.Untuk mencegah melonjaknya kasus Covid-19 maka pemerintah melarang mudik, ini merupakan tahun kedua pemerintah mengambil kebijakan itu. Sebab kalau tidak dilarang maka akan banyak warga bergerak mudik dan akan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 yang saat ini sudah banyak variannya,” kata Bupati.

Bupati menegaskan agar pelaksanaan operasi ketupat merupakan kebijakan pemerintah yang harus diterapkan dengan sungguh-sungguh.

“Prioritaskan operasi ketupat ini secara humanis agar masyarakat benar-benar melaksanakan protokol kesehatan, tindak tegas yang melanggar supaya masyarakat bisa melaksanakan hari raya idul fitri dengan rasa aman dan nyaman terhindar dai Covid-19,” tegas Rosidin.

Sementara itu, Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triadi, SIK mengatakan bahwa pihaknya dalam pengamanan larangan mudik lebaran telah mendirikan posko penyekatan dibeberapa titik pintu masuk kabupaten PALI.

“Kita sudah dirikan posko di desa Talang Bulang dan Simapang Lima Talang Ubi, operasi ini dilaksanakan selama 12 hari, kita kerahkan personil gabungan untuk memantau dan mengamankan jelang lebaran. Tindakan tegas berupa memutar balik bagi warga yang nekat mudik, setiap warga yang masuk PALI harus menunjukan hasil rapid antigen,bukan hanya dari luar PALI yang kita pantau, tapi antar kecamatan juga kita pantau agar masyarakat aman dan sehat saat merayakan hari raya idul fitri,’ ujar Kapolres. (ej@)