PT. GBS Adakan Sholat Istisqa, Wilayah Kabupaten PALI di Guyur Hujan Dua Hari

PT. GBS Adakan Sholat Istisqa, Wilayah Kabupaten PALI di Guyur Hujan Dua Hari

 245 total views,  2 views today

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Klik Disini Dengar Berita”]

PALI TERKINI – Beberapa bulan ini, beberapa daerah sedang mengalami musim kemarau panjang.Banyak daerah yang kekeringan,susah mencari air bersih, bahkan terjadi kebakaran hutan.Satu bulan lebih musim kemarau melanda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir membuat kekeringan hampir seluruh wilayah di Kabupaten PALI, salah satunya wilayah Perkebunan PT. Golden Blossom Sumatra (GBS) yang berdomisili di Desa Prambatan Kecamatan Abab.

Melihat keadaan itu GBS menggelar Sholat Istisqa (sholat minta hujan) yang bertempat di Lapangan Parkir PKS PT. GBS (27/08/19) dengan peserta 250 orang yang terdiri dari Staf dan Karyawan PT. GBS, Kepala Desa sekitar lokasi kebun, tokoh masyarakat, Pengurus Koperasi Mitra BGS, Santri/wati Pondok Pesantren Mambau’ul Hikam Desa Prambatan dan Anggota Koramil Talang Ubi.

Saat dihubungi melalui telpon selular Edi Paris selaku Manager SDM dan Umum PT. GBS menjelaskan, bahwa kegiatan ini di gagas oleh Asriadi selaku General Manager PT. GBS, persiapan sudah dilakukan satu minggu sebelum acara kegiatan, kita berkordinasi dengan semua pihak terkait untuk kesuksesan kegiatan ini. Tujuan dari sholat istisqo ini tidak terlepas dari kekeringan dampak dari musim kemarau yang melanda wilayah PT. GBS dan Desa Prambatan,” terangnya.

Lebih lanjut Paris menerangkan, ada beberapa upaya mengatasi kekurangan air tersebut, seperti dengan menggali/mengebor tanah lebih dalam lagi hingga ratusan meter, menyediakan tangka air keliling, hingga mengadakan hujan buatan. Namun sesungguhnya, ada satu lagi upaya yang tidak hanya mengandalkan kekuatan tenaga dan pikir semata, tetapi upaya ibadah, memohon kepada Allah Sang Maha Kuasa, Yang Maha Segalanya, Yang menciptakan musim kemarau dan yang mengirimkan hujan, yakni mengadakan shalat Istisqa, shalat minta hujan, Aamiin Ya Rabbal Allamin, Alhamdulillah do’a dijabah oleh Allah SWT, sudah dua hari wilayah Kabupaten PALI  diguyur hujan,” ucap Paris bersyukur.

Terpisah saat dihubungi melalui telepon selular, Junaidi Anuar, SE selaku Kepala Badan Peanggulangan Bencana Daerah Kabupaten PALI menjelaskan, bahwa hujan selama dua hari ini disebabkan oleh perubahan iklim sesaat, belum saatnya musim hujan, menurut penjelasan BMKG bahwa bulan agustus dan september merupakan puncak dari musim kemarau, dan bulan oktober prakiraan musim hujan,” tegasnya.

Hal tersebut sebagai tanda pengharapan kepada Allah agar mengubah kondisi kemarau menjadi penuh hujan rahmat dan manfaat.

Seperti disebutkan di dalam hadits:

    عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْماً يَسْتَسْقِيْ، فَصَلَّى بِنَا رَكْعَتَيْنِ بِلاَ أَذَانٍ وَلاَ إِقَامَةٍ، ثُمَّ خَطَبَنَا وَدَعَا اللهَ، وَحَوَّلَ وَجْهَهُ نَحْوَ الْقِبْلَةِ رَافِعاً يَدَيْهِ، ثُمَّ قَلَّبَ رِدَاءَهُ: فَجَعَلَ اْلأَيْمَنَ عَلَى اْلأَيْسَرِ وَاْلأَيْسَرِ عَلَى اْلأَيْمَنِ

Artinya: Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam keluar pada hari beliau meminta hujan (istisqa), kemudian beliau shalat bersama kami tanpa adzan dan tanpa iqamah. Beliau berkhutbah dan berdoa kepada Allah dan menghadapkan wajahnya ke kiblat serta mengangkat kedua tangannya, kemudian beliau membalikkan sorbannya yaitu dengan meletakkan yang kanan di kiri dan yang kiri di kanan.” (HR. Imam Ibnu Majah).

Adapun anjuran untuk memperbanyak istighfar pada hari istisqa, sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bahwa persyaratan agar Allah menurunkan hujan adalah banyak memohon ampun.

اِسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً * يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَاراً

Artinya: “Mintalah ampun kalian kepada Tuhan kalian, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, Dia-lah yang menurunkan hujan dari langit untuk kalian dengan begitu derasnya.” (QS. Nuh : 10-11).

Dianjurkan bagi mereka yang menghadiri pelaksanaan shalat istisqa’ untuk membawa anak-anak kecil, orang tua dan binatang ternak. Sebab  musibah kemaraupanjang tersebut mengenai mereka semua.

(Laporan : efran)

Facebook Comments
PALI TERKINI