Pali.co.id | Palembang – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia tahun ini kembali menyelenggarakan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Tingkat Nasional Tahun 2021 yang babak finalnya digelar di Palembang Sumatera Selatan tanggal 1 hingga 4 Mei 2021.

Meski pelaksanaan PTQ tahun ini masih berlangsung Pandemi Covid-19 tetapi peserta yang mendaftar jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya dikuti 2.000 tahun ini sebanyak 2.500 orang. Menurut catatan panitia, dari tahun ketahun pesertanya yang tampil lebih banyak didominasi usia muda, karenanaya di tahun ini Panitia PTQ mengambil thema “Melalui PTQ RRI Kita Tingkatkan Nilal-Nilai Alqur’an Untuk Membangun Spirit Generasi Muslim Milenial Menuju SDM Unggul Indonesia Maju”.

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha Anhar Achmad mengatakan, terkait dampak dari Pandemi Covid-19, pada PTO Palembang ini untuk yang pertama kalinya memanfaatkan IT dengan menggelar babak penyisihan secara Virtual, termasuk mempermudah pelayanan terhadap peserta dan sebagai fungsi public service radio, dimana PTQ RRI tersedia dalam fitur dan aplikasi pada rri.co.id dan PPID LPP RRI yang dilaksanakan oleh 65 Satuan Kerja RRI dan 17 Korwil di Indonesia secara serentak mulai 1 Ramadhan atau tanggal 13 April 2021.

“Bukan saja melakukan babak kualifikasi secara virtual, pada pelaksanaan babak final juga kami memberlakukan Protokol Kesehatan ketat yang wajib dipenuhi persyaratannya oleh para peserta panitia dan para undangan diantaranya menyerahkan surat bebas Covid-19, penggunaan masker, penyediaan tempat- tempat pencucian tangan dan desinfektan serta menjaga jarak dan menghidari kerumunan,” kata Anhar Achmad saat konpers di Hotel Exelton, Sabtu (1/5/2021).

“Satu perkembangan baik lainnya pada pelaksanaan PTO tahun ini adalah pertania kalinya LPP RRI bekerjasama dengan Kementrian Agama, dimana mulai tahun ini PTO LPP RRI bukan saja memberikan trophy dan hadiah uang 20 juta rupiah, tetapi juga memberikan Piala Bergilir dan Piala Tetap dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia PTQ Tahun 2021 Syartudin mengatakan untuk penjurian tahun ini lebih menggembirakan karena para juri yang tergabung dalam Dewan Hakim pada PTQ ini telah dikukuhkan atau diambil sumpahnya secara resmi oleh Kementrian Agama RI melalui Dirjen Bimas Islam selaku Ketua LPTQ Nasional.

“Untuk itu kami ucapkan terimakasih karena upaya ini membuat keputusan dewan juri menjadi lebih netral dan independen,” tutupnya.

 

Laporan : Andre