Pali.co.id | PALI – Fakar Lematang akan melakukan aksi demo pada Kamis 27 Mei 2021 menuntut perbaikan jalan Pertamina Asset 2 Adera Field wilayah kerja perusahaan (WKP) yang alami kerusakan serta jembatan desa Raja-Curup-Muara Sungai namun aksi tersebut batal lantaran Polres PALI melalui Kasat Intel AKP Adi Sapril dan Bupati PALI mengajak kedua belah pihak duduk bersama  untuk melakukan mediasi yang dilaksanakan, di Aula Kantor Bupati PALI, dijalan Merdeka KM 10, Handayani Mulya, Rabu (26/5/2021).

Setelah duduk bersama dan diskusi beberapa jam lamanya, Pertamina Field Adera menyetujui beberapa tuntutan dari Fakar Lematang, hasil kesepakatan tersebut diterangkan didalam berita acara.

Aka Kholik Darlin SPdI MM, Ketua Umum Fakar Lematang mengatakan bahwa pihak adera telah menyetujui tuntunan mereka,  namun tetap di monitor selama enam bulan.

“Pertemuan tadi telah ada hasil jadi aksi demo besok kita batalkan dan kita juga sudah buat surat ke kapolres PALI,” ungkap Aka Kholik.

Aka Kholik menuturkan bahwa Fakar Lematang hanya Menuntut PT Adera Perbaikan jalan, perbaikan jembatan,Program CSR yang bermanfaat untuk masyarakat, serta perekrutan tenaga kerja harus libatkan warga lokal di wilayah kerja Adera.

“Hanya itu yang kita tuntut, jika dari awal ada mediasi dari pihak adera kami tidak akan sampai mau melakukan aksi demo ini, hasil kesepakatan tadi akan kami monitor terus selama enam bulan kedepan.” tutur dia.

Terpisah, Dody Tetra Atmadi Field Manager PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field melalui Erwin HP junior Comrel & CID Zona 4 mengatakan bahwa pihak nya telah menyetujui tuntutan dari Fakar Lematang.

“Kita akan evaluasi selama enam bulan ini karena apa yang menjadi tuntutan akan dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Ketua Umum Fakar Lematang didsmpingi Ketua Fakar Lematang Prabumulih  Jhon Kranoi, Pali Yoka Akbar SH dan Muara Enim Firdaus Marabes  serta pengurus Fakar Lematang lainya H Herdiyanto SHI , Asriadi Tamrun , Yoga Arpindo ST , Sharul Mukmin , Wiko

Tampak hadir beberapa pihak dari Adera diwakili Erwin HP junior Comrel & CID Zona 4 , Afiat Reza Asmen Produksi , Suyitno SCM , Kapten Yudi Formalitis Staff sementara Bupati diwakili Kaban Kesbangpol Sangkut, MM , Camat Tanah Abang serta Kapolres Pali diwakili Kasat Intel AKP Adi Sapril, SH MH. (ej@)