Satres Narkoba Polres Muba Amankan Kurir Narkoba

0
12 views

Pali.co.id | Muba –  Satuan Reserse Narkoba Polres Muba berhasil mengamankan tersangka Rendi (25) warga Kelurahan Keluang, Kecamatan Keluang pada 5 Maret lalu lantaran kedapatan membawa  narkoba yang diduga jenis sabu dengan berat bruto 972 gram.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 972 gram narkotika diduga jenis sabu yang dibungkus menggunakan teh Guanyiwang, satu unit sepeda motor Honda PCX dengan nopol BG 4588 BAO, dan satu unit handphone warna biru merk Oppo.

Rendi ditangkap oleh jajaran Satres Narkoba Polres Muba yang dipimpin langsung Kasat Narkoba Polres Muba AKP Jhonroni Hasibuan SH di jalan raya Sekayu – Lubuk Linggau tepatnya di Desa Tanjung Durian.

“Rendi berhasil ditangkap oleh jajaran Satres Narkoba setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada kendaraan yang melintas membawa narkoba. Mendapatkan laporan tersebut dan bermodalkan nama dan jenis kendaraan anggota kita langsung bergegas dan mencari keberadaan kendraan tersebut. Setelah menemukan kendaraan yang dimaksud, anggota kita membuntutinya dan sudah yakin dengan target  anggota kita langsung melakukan penyetopan terhadap Rendi dan berhasil mengamankannya beserta barang bukti,” ungkap Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SH SIK saat menggelar konferensi pers yang didampingi Kasat Narkoba Polres Muba AKP Jhonroni Hasibuan SH dan Paur Humas Polres Muba Iptu Indra, Senin (08/03/2021).

Dari pengakuan tersangka bahwa narkoba diduga sabu ini diambil dari orang suruhan bernisial FR di Desa Ulak Keberau, Kecamatan Lawang Wetan yang akan diantarkan ke Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin dengan upah Rp 10 juta.

“Kita sudah jadikan FR sebagai daftar pencarian orang (DPO), karena FR bandar yang cukup besar di Muba,” ucapnya.

“Dengan mengamankan barang tersebut kita berhasil menyelamatkan sekitar 4000 jiwa orang dan saya meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat membantu memerangi narkoba,” sambungnya.

Sementara itu, Rendi saat diwawancarai awak media mengatakan dengan iming-iming uang dia mau menuruti. “Saya tergiur dengan iming-iming uang yang cukup besar pak, jadi saya mau mengantarkan barang itu,” terang Rendi.

Ditempat yang sama, Kasat Narkoba Polres Muba AKP Jhonroni Hasibuan SH menghimbau kepada masyarakat untuk terus memberikan informasi kepada polisi. “Bagi masyarakat yang memberikan informasi jangan merasa takut untuk melapor identitas pelapor kita jamin kerahasiaannya. Mari kita bersama-sama memerangi narkoba,” pungkasnya.

Atas perbuatannya tersangka dapat dijerat pasal primer 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati. (Irwan)