Sebanyak 75 Pelajar SMA Ogan Komering Ilir (OKI) Ikut Ajang Seleksi Paskibraka

0
14 views

Pali.co.id  | OKI –  Sebanyak 75 orang siswa dan siswi tingkat SMA sederajat dari beberapa perwakilan sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga (Dispora) Kabupaten OKI di GOR Perahu Kajang.

Anggota paskibraka ini akan mewakili Kabupaten OKI pada upacara peringatan Detik-detik Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten OKI pada 17 Agustus 2021.

“Dari seluruh peserta seleksi tahap awal sebanyak 75 orang ini nantinya akan dipilih  sebanyak 10 orang, yang akan di kirim ke Propinsi Sumatra Selatan dan diselesi kembali menjadi 6 orang,  terdiri dari 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan, dimana mereka ini yang akan mengatur dalam pengibaran bendera merah putih di Kabupaten OKI,” ucap Muhammad Refly , Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten OKI, Selasa (23/3/21)

Menurut Refly, seleksi anggota paskibraka ini bertujuan untuk transparansi antara sekolah dengan Dispora Kabupaten OKI sebelum dilakukan seleksi untuk calon paskibraka ini, selain itu Dispora sudah melakukan sosialisasi dan pembinaan teknis kepada sekolah yang ada di OKI.

Dalam seleksi awal Paskibraka ini seluruh peserta dalam tahapan seleksi yang sangat ketat di antaranya harus memenuhi syarat tinggi, berat badan dan postur tubuh ideal, yang tidak kalah pentingnya adalah harus menguasai gerakan peraturan Baris Berbaris (PBB) dan terakhir akan dilakukan psikotes / tes wawancara.

“Selama pelaksanaan seleksi, para calon anggota Paskibraka 2021 ini dipandu oleh TNI dan Polri dari Kodim 0402 OKI/OI dan Polres OKI, serta ada juga panitia dari purna paskibraka yang membantu terlaksananya seleksi ini,”.

Refly mengharapkan dari pelaksanaan seleksi ini dapat menghasilkan pasukan yang solid, bermental yang baik, berdisplin tinggi, memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap pengibaran bendera merah putih.

“Semoga seleksi ini berjalan dengan lancar dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” harapnya. (Arief)