Siklus Haid Acak-Acakan? Ikuti 3 Tips Ini

Siklus Haid Acak-Acakan? Ikuti 3 Tips Ini

 154 total views,  2 views today

KELUARGA SEHAT – Pada umumnya, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, tetapi beberapa wanita mengalami siklus dengan waktu yang lebih lama atau lebih cepat. Siklus menstruasi Anda dapat dikatakan teratur jika datang setiap 24 sampai 38 hari. Akan tetapi, jika Anda mengalami datang bulan dengan siklus yang tidak menentu, maka hal tersebut dikatakan tidak teratur.

Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan menstruasi kita menjadi tidak teratur. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, alkohol, sedang jalan-jalan keluar kota, atau konsumsi kafein. Oleh karena itu, silahkan ikuti beberapa tips mudah mengatasi siklus haid yang tidak teratur.

  • Rutin Olahraga ; Anda bisa mulai rutinitas ini dengan cara  jogging di sekitar rumah atau kantor selama 30 menit sehari. Atau Anda juga bisa mencoba olahraga kardio seperti berenang atau bersepeda.
  • Menambah Asupan Vitamin ; Salah satu vitamin yang ampuh untuk mengatasi siklus menstruasi tidak teratur adalah vitamin D. Vitamin yang terdapat di dalam kuning telur, susu, dan minyak ikan ini dipercaya dapat membuat haid kita menjadi normal.
  • Konsumsi Cuka Apel ;Sebuah studi pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa minum 15 mililiter cuka apel dapat mengembalikan siklus haid Anda. Selain itu, cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan, gula darah, dan kadar insulin. Disarankan untuk meminumnya dengan campuran madu dan air secukupnya agar dapat menghilangkan sensasi pahit dari cuka apel.
Facebook Comments
KESEHATAN