Pali.co.id | PALI – PT Anugerah Wicaksana Lestari (AWL) menggelar sosialisasi dengan masyarakat Desa Curup, Tanah Abang Selatan dan Desa Siku di Kantor Desa masing-masing, Rabu (05/05/21).

Sosialisai tersebut, PT AWL mengambil langkah pendekatan kepada masyarakat dalam hal memberikan informasi tentang operasional tongkang pengangkut batu bara miliknya di sepanjang jalur sungai Lematang.

“Sosialisasi mengenai warga yang terdampak, dia minta ganti rugi lahan dan rumah, jadi waktu sosialisasi itu saya menjawab bahwa kami hanya lewat di sungai Lematang ini, kami tidak mengadakan pengerukan atau mengambil hasil bumi di tepi sungai Lematang, kami hanya lewat,” kata Yoga Saputra, S.IP selaku Humas PT AWL saat dikonfirmasi via selularnya, Rabu (05/05/21).

Yoga menuturkan, pihaknya akan mengganti kerugian masyarakat yang ditimbulkan akibat operasional perusahaan di sepanjang jalur tongkang yang melintas di sungai Lematang.

“Pihak perusahaan siap mengganti rugi ataupun umpama tongkang menabrak rumah atau nabrak tanah di pesisir sungai Lematang, perahu, jaring nelayan yang dipasang di sungai, dan sebagainya, kami siap mengganti ataupun kerusakan kerugian masyarakat. Tetapi untuk ganti rugi yang tanah amblas, rumah tidak terjadi karna ponton itu salah, sulit mengkajinya, itupun sudah saya jelaskan kepada masyarakat kalau dari zaman dahulu kita sudah ada ponton dan setiap banjir tetap abrasi tanah kita,” tutur Yoga.

Yoga menyebut bahwa kedepan pihaknya akan menganggarkan bantuan sosial kepada masyarakat dalam setiap tahunnya.

“Kalaupun kedepan kami lancar dan juga hasil dari perusahaan maksimal akan ada CSR dalam per tahun, dengan catatan proposal. Yang kedua kalau ada bantuan nelayan, bantuan dan sebagainya bantuan kepentingan orang banyak kepentingan umum kami bantu seperti bantuan masjid, musholah, karang taruna, cuma kami baru bergerak tanggal 21 nanti baru dua bulan, kepada masyarakat mohon dulu tolong bantu dukungannya,” tutup Yoga.

Sementara itu Kepala Desa Tanah Abang Selatan Erwadi mengatakan bahwa sosialisasi tersebut atas usulan dari Organisasi Pemuda Lematang (OPLI) yang diajukan langsung melalui Gurbernur Sumsel.

“Kami pemerintah desa sifatnya hanya memfasilitasi usulan masyarakat kepada pihak perusahaan, semua usulan masyarakat sudah diterima perwakilan perusahaan yang akan disampaikan ke manajemen PT AWL. Saya hanya menekankan kepada PT AWL agar tali asih usulan masyarakat jangan sampai ada perbedaan yanh nantinya akan menibulkan kesenjangan ditengah masyarakat,” ungkap Erwadi.

Dalam kesempatan itu Yoga Saputra hadir bersama Direktur Utama PT AWL Femy Montoh, Pengawas HSE Tongkang Erix, dan Kordinator Keamanan Azis.

Sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Desa Curup Tisar, Kepala Desa Muara Lematang , Kepala Desa Tanah Abang Selatan Erwadi, Organisasi Pemuda Lematang (OPLI), BPD, Perangkat Desa, Karang Taruna dan Masyarakat. (ej@)